PENGANTAR
Untuk memahami
apa yang manajemen layanan, dan mengapa sangat penting untuk perusahaan, kita
perlu memahami layanan apa, dan bagaimana manajemen layanan dapat membantu
penyedia layanan untuk memberikan dan mengelola layanan ini.
ITIL mendefinisikan layanan sebagai
berikut:
LAYANAN
Sebuah layanan
sarana penyampaian nilai kepada pelanggan dengan memfasilitasi hasil bahwa
pelanggan ingin mencapai tanpa kepemilikan biaya dan risiko spesifik.
Hasil yang ingin
pelanggan untuk mencapai ini adalah alasan mengapa mereka membeli atau menggunakan
layanan. Biasanya ini akan dinyatakan sebagai tujuan bisnis tertentu (misalnya
untuk memungkinkan pelanggan dari bank untuk melakukan semua transaksi dan
kegiatan pengelolaan rekening online atau untuk memberikan pelayanan negara
kepada warga dengan cara yang hemat biaya). Nilai layanan kepada pelanggan
secara langsung tergantung pada seberapa baik layanan memfasilitasi hasil ini.
Manajemen
pelayanan yang memungkinkan penyedia layanan untuk:
• Memahami layanan yang mereka sediakan baik dari
perspektif konsumen dan penyedia;
• Memastikan bahwa layanan benar-benar memfasilitasi
hasil yang ingin pelanggan mereka untuk mencapai;
• Memahami nilai layanan tersebut kepada pelanggan
mereka dan karenanya mereka kepentingan
relatif;
• Memahami dan mengelola semua biaya dan risiko yang
berkaitan dengan pemberian layanan tersebut.
MANAJEMEN
PELAYANAN
Manajemen pelayanan adalah seperangkat kemampuan
organisasi khusus untuk memberikan nilai kepada pelanggan dalam bentuk layanan. Ini 'khusus
kemampuan organisasi' meliputi proses, kegiatan, fungsi dan peran yang
menggunakan penyedia layanan dalam memberikan layanan kepada pelanggan mereka,
serta kemampuan untuk membangun struktur organisasi yang cocok, mengelola
pengetahuan, dan memahami bagaimana memfasilitasi hasil yang menciptakan nilai. Dan diukur dan diakui melalui kualifikasi formal.
Sumber-sumber ini
memiliki karakteristik yang berbeda:
• kerangka umum dan
standar yang telah divalidasi di seluruh beragam lingkungan.
• Pengetahuan tentang
mereka didistribusikan secara luas di kalangan profesional industri.
• Pelatihan dan
sertifikasi program yang tersedia untuk umum.
• Akuisisi pengetahuan
melalui pasar tenaga kerja lebih mudah dicapai.
THE
ITIL KERANGKA
ITIL bukan
merupakan standar dalam arti formal tetapi kerangka yang merupakan sumber
praktik yang baik dalam manajemen pelayanan. Standar untuk manajemen layanan TI
(ITSM) adalah ISO / IEC 20000, yang selaras dengan, tetapi tidak tergantung
pada, ITIL.
Sebagai standar
formal, ISO / IEC 20000 mendefinisikan satu set persyaratan terhadap yang suatu
organisasi dapat diaudit secara independen dan, jika mereka memenuhi mereka persyaratan,
dapat sertifikat untuk efek itu. Organisasi Internasional untuk Standardisasi
(ISO) dan Kantor Kabinet, dengan kerjasama dari kelompok pengguna independen
itSMF (IT Service Management Forum), secara terbuka telah berkomitmen untuk
menjaga standar dan
ITIL Perpustakaan memiliki
komponen-komponen berikut:
• Inti ITIL: Publikasi menggambarkan
praktek terbaik generik yang berlaku
untuk semua jenis organisasi yang
memberikan layanan kepada bisnis.
• ITIL Bimbingan Pelengkap: Satu set
publikasi dengan bimbingan khusus untuk sektor industri, jenis organisasi,
model operasi dan arsitektur teknologi.
Tujuan dari kerangka ITIL manajemen
pelayanan adalah untuk memberikan bimbingan berlaku untuk semua jenis
organisasi yang menyediakan layanan TI untuk bisnis, terlepas dari ukuran
mereka, kompleksitas, atau apakah mereka penyedia layanan komersial atau divisi
internal bisnis. Kerangka tersebut tidak boleh birokrasi atau berat
asalkan digunakan secara pantas dan pengakuan penuh dari kebutuhan bisnis
dari perusahaan tertentu.
INTI THE ITIL
Layanan siklus hidup adalah sebuah pendekatan untuk manajemen layanan TI
yang menekankan pentingnya koordinasi dan kontrol di berbagai fungsi, proses dan
sistem yang diperlukan untuk mengelola siklus penuh layanan TI. Itu Layanan pendekatan
manajemen siklus hidup mempertimbangkan strategi, desain, transisi, operasi dan
perbaikan terus-menerus dari layanan TI.
BAHAN
ISTIMEWA
Terlepas dari
ISO / IEC 20000 standar, ITIL juga melengkapi berbagai standar lainnya,
kerangka dan pendekatan. Di antara banyak pendekatan pelengkap seperti:
• Seimbang scorecard: Sebuah alat manajemen
yang dikembangkan oleh Dr Robert Kaplan dan David Norton Dr. Sebuah balanced
scorecard memungkinkan strategi untuk dipecah menjadi indikator kinerja utama
(KPI). Kinerja terhadap KPI digunakan untuk menunjukkan seberapa baik strategi
yang sedang dicapai. Sebuah balanced scorecard memiliki empat bidang utama,
yang masing-masing dianggap pada tingkat yang berbeda dari detail di seluruh
organisasi.
• COBIT: Kontrol tujuan untuk Teknologi
Informasi dan terkait memberikan bimbingan dan praktik terbaik untuk
pengelolaan proses TI. COBIT diterbitkan oleh Institut IT Governance.
• CMMI-SVC: Capability Maturity Model Integrasi
adalah proses pendekatan perbaikan yang memberikan organisasi unsur-unsur
penting untuk perbaikan proses yang efektif. CMMI-SVC adalah varian yang
ditujukan untuk pendirian layanan, manajemen, dan pengiriman.
• EFQM: The European Foundation for Quality
Management adalah suatu kerangka kerja untuk sistem manajemen organisasi.
• eSCM-SP: eSourcing Kemampuan Model untuk
Penyedia Layanan kerangka kerja untuk membantu penyedia layanan TI
mengembangkan kemampuan manajemen layanan TI mereka dari perspektif layanan
sumber.
• ISO 9000: Sebuah generik standar
manajemen mutu, dengan yang ISO / IEC 20000 sejajar.
• ISO / IEC 19770: standar Software Asset
Management, yang selaras dengan ISO / IEC 20000.
• ISO / IEC 27001: ISO Spesifikasi
Manajemen Keamanan Informasi. Kode yang sesuai praktek adalah ISO / IEC 17799.
• Bersandar: praktek produksi berpusat di
sekitar menciptakan nilai lebih banyak dengan sedikit kerja.
• PRINCE2: Standar Metodologi pemerintah
Inggris untuk proyek
pengelolaan.
• SOX: kerangka Sarbanes-Oxley untuk tata
kelola perusahaan.
• Six Sigma: strategi manajemen bisnis,
awalnya dilaksanakan oleh Motorola, yang saat ini menikmati aplikasi luas di
berbagai sektor industri.
Masing-masing memberikan kontribusi sesuatu
yang berbeda.
MODEL
MANAJEMEN LAYANAN ITIL
Apakah layanan
yang disediakan oleh unit internal organisasi atau dikontrak untuk lembaga
eksternal, semua layanan harus didorong semata-mata oleh kebutuhan bisnis dan
dinilai dengan nilai yang mereka berikan kepada organisasi. Oleh karena itu
pengambilan keputusan terletak pada bisnis. Dalam konteks ini, layanan juga
harus mencerminkan strategi didefinisikan dan kebijakan dari organisasi
penyedia layanan, yang sangat signifikan bagi penyedia eksternal.
Definisi desain
akan diteruskan ke tahap layanan transisi, di mana layanan ini dibangun,
dievaluasi, diuji dan divalidasi, dan dialihkan ke dalam lingkungan hidup, di
mana memasuki tahap operasi layanan hidup. Tahap transisi juga bertanggung
jawab untuk mendukung layanan pada awal kehidupan dan pentahapan keluar dari
setiap layanan yang tidak lagi diperlukan.
Operasi pelayanan berfokus pada penyediaan layanan
operasional yang efektif dan efisien untuk memberikan hasil bisnis yang
diperlukan dan nilai kepada pelanggan. Di sinilah nilai apapun sebenarnya
disampaikan dan diukur.
KONSEP
UTAMA
a)
Nilai
Dari definisi
sebelumnya layanan, jelas bahwa fokus utama adalah pada memberikan nilai kepada
konsumen layanan. Nilai diciptakan melalui penyediaan layanan yang tepat di
bawah kondisi yang tepat.
Nilai diciptakan melalui dua komponen:
·
Utilitas: Nilai dalam bentuk
apa mendapat pelanggan dari layanan. Ini baik akan dari menyediakan lini bisnis baru atau dari relaksasi.
·
Jaminan : Sebuah janji atau jaminan bahwa produk atau layanan akan memenuhi
kebutuhan disepakati.
CONTOH
Ketika ATM diperkenalkan, mereka dihapus
kendala waktu pelanggan bisa menarik uang tunai dari rekening mereka hanya
ketika cabang bank terbuka. Sejak diperkenalkan, fungsionalitas lebih lanjut
telah ditambahkan (saldo rekening, mini laporan, tagihan
pembayaran dll). Ini semua adalah aspek utilitas, tetapi mereka
tentu saja tidak berguna kecuali ATM yang berlokasi di lokasi yang nyaman,
disimpan puncak dengan uang tunai dan kertas printer, memiliki kontrol akses
yang aman dan dapat diandalkan. Internet banking yang ditawarkan utilitas baru
melalui fungsi tambahan (misalnya transfer dan pembuatan account online) serta
memungkinkan pelanggan untuk melakukan semua kapan ini, di mana saja. aspek
keamanan, kapasitas dan ketersediaan yang berbeda diperlukan untuk memastikan
fungsi disediakan.
b)
Aset
Layanan
Penyedia layanan menciptakan nilai melalui
menggunakan aset mereka dalam bentuk sumber daya dan kemampuan.
Perbedaan utama antara aset sumber daya dan
aset kemampuan adalah sumber daya dapat dibeli di pasar sementara kemampuan
khas hanya dapat dikembangkan dari waktu ke waktu. Kemampuan yang berbeda dari
penyedia layanan, seringkali cukup berwujud, membedakannya dari pesaingnya, dan
memungkinkan untuk menarik dan mempertahankan pelanggan dengan menawarkan
proposisi nilai yang unik.
c)
Model
Layanan
Ini
menggambarkan baik struktur dan dinamika layanan:
·
Struktur: Aset layanan tertentu
yang diperlukan untuk memberikan layanan dan pola di mana mereka dikonfigurasi.
·
Dinamika: Kegiatan, aliran
sumber daya, koordinasi, dan interaksi antara aset pelanggan dan penyedia
layanan (interaksi misalnya antara pengguna jasa dan agen layanan). Dinamika
layanan termasuk pola.
PROSES
Sebuah proses adalah seperangkat
terstruktur kegiatan yang dirancang untuk mencapai tujuan tertentu. Sebuah proses mengambil
satu atau lebih input didefinisikan dan mengubahnya menjadi output
didefinisikan.
CONTOH:
Mari kita gunakan suatu proses untuk
pemesanan tiket teater melalui telepon sebagai contoh:
• Pengukuran: Manajemen akan ingin memastikan
kualitas (mis pemesanan dengan benar dicatat, kursi tidak 'ganda memesan' dll).
Staf mengambil pemesanan melalui telepon mungkin ingin sistem yang mengingat
rincian dari pelanggan dari transaksi sebelumnya, sehingga membuatnya lebih
mudah untuk digunakan.
• Hasil: Setiap set benar tiket teater
diutus pada waktu atau dibuat tersedia untuk koleksi mungkin hasilnya.
• Pelanggan: harapan Pelanggan mungkin
bahwa proses membuatnya mudah untuk memesan tiket dan bahwa mereka baik
diterima sebelum mereka pergi untuk melihat pertunjukan atau tersedia di box
office pada saat kedatangan.
• Pemicu: Pelanggan telepon.
PERAN
Satu set tanggung jawab, kegiatan, dan
kewenangan yang diberikan kepada seseorang atau tim. Peran didefinisikan dalam
proses atau fungsi. Satu orang atau tim mungkin memiliki peran ganda (Mis peran
manajer konfigurasi dan perubahan manajer dapat dilakukan oleh satu orang).
Ø Pemilik proses -
bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua kegiatan dalam proses yang dilakukan dengan tanggung jawab untuk
·
menentukan strategi proses;
·
membantu dengan desain proses;
·
memastikan bahwa proses dokumentasi tersedia
dan saat ini, dan bahwa semua staf dilatih dengan benar;
·
kebijakan dan standar
mendefinisikan harus diikuti;
·
mendefinisikan KPI dan audit
untuk memastikan bahwa proses sedang diikuti dengan benar dan efektif
dan efisien;
·
meninjau perangkat tambahan
yang diusulkan dan memberikan masukan untuk rencana peningkatan pelayanan.
Ø Proses manager - bertanggung jawab untuk manajemen operasional dari
proses dengan tanggung jawab untuk:
·
memastikan pelaksanaan
keberhasilan kegiatan proses;
·
pengelolaan praktisi proses
mendapatkan peran proses;
·
kebutuhan sumber daya proses
pengelolaan;
·
pemantauan dan pelaporan
kinerja proses;
·
mengidentifikasi dan
mempromosikan peluang perbaikan proses dan memasuki ini dalam CSI daftar.
Ø Proses praktisi - bertanggung jawab untuk melaksanakan satu atau
kegiatan proses lebih termasuk:
·
bekerja dengan pemangku
kepentingan lainnya untuk memastikan kontribusi mereka sendiri yang efektif;
·
memvalidasi dan memastikan
integritas proses input, output dan antarmuka untuk proses mereka (es);
·
proses penyimpanan terkait
aktivitas catatan dan tindakan.
Ø Pemilik layanan -
bertanggung jawab kepada pelanggan untuk layanan tertentu dengan tanggung jawab
untuk:
·
bertindak sebagai kontak
pelanggan utama untuk semua pertanyaan yang terkait layanan dan masalah, dan
sebagai titik eskalasi untuk insiden besar;
·
mewakili layanan di papan
perubahan penasehat (CAB) dan pertemuan pelanggan;
·
berpartisipasi dalam negosiasi
SLA dan Olas, dan memastikan layanan ini benar didefinisikan dalam katalog
layanan;
·
memastikan bahwa layanan ini
disampaikan sebagai disepakati (yaitu tingkat layanan terpenuhi);
·
mengidentifikasi peluang untuk
meningkatkan layanan yang disediakan;
·
memastikan bahwa pemantauan
pelayanan yang efektif diimplementasikan.
KABAR BAIK!!!
ReplyDeleteNama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.
Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.
Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.
Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.