API (Application Programming
Interface) adalah sekumpulan perintah, fungsi, dan protokol yang dapat
digunakan oleh programmer saat membangun perangkat lunak untuk sistem operasi
tertentu. API memungkinkan programmer untuk menggunakan fungsi standar untuk berinteraksi
dengan sistem operasi lain.
Dalam contoh sederhana,
dibutuhkan setidaknya ribuan system calls per detik. Oleh karena itu Kebanyakan
programmer membuat aplikasi dengan menggunakan Application Programming
Interface(API). Dalam API itu terdapat fungsi-fungsi/perintah-perintah untuk
menggantikan bahasa yang digunakan dalam system calls dengan bahasa yang lebih
terstruktur dan mudah dimengerti oleh programmer. Fungsi yang dibuat dengan
menggunakan API tersebut kemudian akan memanggil system callssesuai dengan
sistem operasinya. Tidak tertutup kemungkinan nama dari system callssama dengan
nama di API.
1.
Keuntungan memprogram dengan menggunakan API
adalah:
Portabilitas.
Programmer yang menggunakan API dapat menjalankan programnya dalam sistem operasi
mana saja asalkan sudah ter- install API tersebut. Sedangkan system callberbeda
antar sistem operasi, dengan catatan dalam implementasinya mungkin saja
berbeda.
Lebih Mudah
Dimengerti. API menggunakan bahasa yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti daripada
bahasa system call. Hal ini sangat penting dalam hal editing dan pengembangan.
System call
interface ini berfungsi sebagai penghubung antara API dan system call yang
dimengerti oleh sistem operasi. System call interface ini akan menerjemahkan
perintah dalam API dan kemudian akan memanggil system calls yang diperlukan.
Untuk membuka suatu file tersebut user menggunakan program yang telah dibuat
dengan menggunakan bantuan API, maka perintah dari user tersebut diterjemahkan
dulu oleh program menjadi perintah open().Perintah open() ini merupakan
perintah dari API dan bukan perintah yang langsung dimengerti oleh kernel
sistem operasi. Oleh karena itu, agar keinginan userdapat dimengerti oleh
sistem operasi, maka perintah open() tadi diterjemahkan ke dalam bentuk system
call oleh system call interface. Implementasi perintah open() tadi bisa
bermacam-macam tergantung dari sistem operasi yang kita gunakan.
Sebagai
contoh, Amazon.com merilis API sehingga pengembang situs web dapat lebih mudah
mengakses informasi produk Amazon, menggunakan Amazon API, sebuah situs web
pihak ketiga dapat memposting link langsung ke produk Amazon dengan harga yang
terupdate dan pilihan untuk “beli sekarang".
2.
Dasar Pemasaran
Pemasaran
adalah salah satu fungsi organisasi dan seperangkat proses untuk menciptakan,
mengkomunikasikan dan menyerahkan nilai kepada pelanggan dan mengelola hubungan
pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan para pemlik sahamnya.
Pemasaran sosial merupakan suatu proses sosial yang di dalamnya individu dan
kelompok.
3.
Konsep-konsep pemasaran:
Konsep produksi adalah konsep ini
menegaskan bahwa konsumen akan memilih produksi yang tersedia dimana-mana dan
murah.
Konsep produk adalah menyatakan bahwa
konsumen akan lebih menyukai produk yang menawarkan fitur-fitur paling
bermutu,berprestasi,atau inovatif.
Konsep penjualan adalah menyatakan
bahwa konsumen dan bisnis ,jika di tinggalkan sendiri biasanya tidak akan
membeli cukup banyak produk-produk organisasi.
Konsep pemasaran adalah menegaskan
bahwa kunci untuk mwncapai tujuan organisasi yang di tetapkan adalah perusahaan
tersebut harus menjadi lebih efektif dibandingkan para pesaing dalam
menciptakan ,menyerahkan dan mengkonsumsikan nilai pelanggan kepada pasar
sasaran yang terpilih.
4.
Dimensi pemasaran berupa:
Pemasaran
relasi, pemasaran terpadu, pemasaran internal dan pemasaran yang bertanggung
jawab.
Robot humanoid
adalah robot yang penampilan keseluruhannya dibentuk berdasarkan tubuh manusia,
mampu melakukan interaksi dengan peralatan maupun lingkungan yang
dibuat-untuk-manusia. Secara umum robot humanoid memiliki tubuh dengan kepala,
dua buah lengan dan dua kaki, meskipun ada pula beberapa bentuk robot humanoid
yang hanya berupa sebagian dari tubuh manusia, misalnya dari pinggang ke atas.
Beberapa robot humanoid juga memiliki 'wajah', lengkap dengan 'mata' dan
'mulut'. Android merupakan robot humanoid yang dibangun untuk secara estetika
menyerupai manusia.
Tujuannya:
Robot humanoid
digunakan sebagai alat riset pada beberapa area ilmu pengetahuan. Periset perlu
mengetahui struktur dan perilaku tubuh manusia (biomekanik) agar dapat
membangun dan mempelajari robot humanoid. Di sisi lain, upaya mensimulasikan
tubuh manusia mengarahkan pada pemahaman yang lebih baik mengenai hal tersebut.
Kognisi manusia adalah bidang studi yang berfokus kepada bagaimana manusia
belajar melalui informasi sensori dalam rangka memperoleh keterampilan persepsi
dan motorik. Pengetahuan ini digunakan untuk mengembangkan model komputasi dari
perilaku manusia dan hal ini telah berkembang terus sepanjang waktu.
Sensor:
Sensor
merupakan alat yang dapat mengukur beberapa atribut dan merupakan salah satu
dari tiga primitif dari robotika (disamping perencanaan dan pengendalian).
Penginderaan memainkan peranan penting dalam paradigma robotika. Sensor dapat
digolongkan berdasarkan proses fisik dengan apa yang mereka kerjakan atau
berdasarkan kepada jenis informasi pengukuran yang mereka berikan sebagai
keluaran. Dalam kasus ini, pendekatan kedua yang dipergunakan.
Aktuator:
Akuator
merupakan motor yang bertanggungjawab untuk gerakan pada robot. Robot humanoid
dibangun sedemikian rupa agar mereka mirip dengan tubuh manusia, maka mereka
juga mempergunakan aktuator yang berlaku seperti otot dan sendi, meskipun
dengan struktur yang berbeda. Agar dapat mencapai efek yang sama dengan gerakan
manusia, robot humanoid terutama menggunakan aktuator rotari. Mereka dapat
berupa elektrik, pneumatrik, hidraulik, piezoeletrik, atau ultrasonik.
Pekerjaan teknik informatika bagi
masa depan diantaranya adalah:
1) Programmer
Seperti pada
tugas dan pembelajaran dasarnya, bahwa menjadi lulusan teknik informatika erat
kaitannya dengan pembuatan program. Membuat program sebagai perangkat lunak
dari komputer untuk memudahkan fungsi – fungsi tertentu, menjadi tugas inti
dari seorang programmer. Programmer yang dapat bekerja dalam segala bidang
kerja ini, baik industri, pertelevisian, perbankan, media, instansi pemerintah, bisnis dan
ekonomi, dan lain sebagainya, dapat menjadi prospek kerja terbaik bagi lulusan
teknik informatika.
2) IT Consultant
Mendalami bidang IT atau Teknologi Informasi tentu
menjadikan seseorang menjadi fasih dan paham akan teori – teori teknologi,
bahasa – bahasa pemograman, serta kelihaiannya membuat program berbasis
komputer yang efektif untuk dijalankan. Atas asumsi ini, lulusan teknik
informatika pun dapat menjadi seorang IT Consultant! Ya, dengan menjadi
konsultan IT, seorang lulusan teknik informatika dapat menerapkan ilmu –
ilmunya secara nyata dalam suatu organisasi, mulai dari perencanaan,
pelaksanaan hingga evaluasi dalam menerapkan teknologi dan informasi di
dalamnya.
3) Web Engineer / Web Administrator
Website adalah
salah satu wujud nyata dari berkembangnya teknologi dan informasi sampai saat
ini. Website menjadi media dan lahan untuk menyampaikan informasi yang berbasis
komputer. Namun, untuk membuat website, tentu haruslah memahami rincian –
rincian teori dari pemrograman, yang pada nyatanya hal ini ialah ranah
pembelajaran dari lulusan teknik informatika. Ya! Menjadi perancang website
lengkap dengan basis domain, fitur, fasilitas dan layanan yang diberikan di
dalamnya, menjadi salah satu tugas dari web engineer ataupun web administrator.
Selain merancangnya, web engineer atau web administrator juga memiliki tanghung
jawab untuk melakukan pemeliharaan dan mengembangkannya lebih luas lagi jika
dibutuhkan.
4) Database Engineer / Database Administrator
Meski masih
terkait dengan program beserta pengembangannya, namun pada pekerjaan sebagai
Database Engineer atau Database Administratorhanya terfokus pada pengembangan
basis data saja. Data – data yang terdapat dalam sebuah instansi atau
perusahaan, dirancang dan dipelihara sebaik mungkin agar teratur, tidak
berantakan sehingga kehilangan ataupun pencurian – pencurian data tidak
terjadi. Untuk mengerjakan hal ini, lulusan teknik informatika tentu adalah
orang yang sangat tepat.
5)
Game Developer
Mempelajari
Teknik Informatika, terkadang juga dibekali dengan keahlian komputer grafis.
Dengan adanya perpaduan dari dua keahlian ini, seorang lulusan teknik
informatika juga dapat menjadi seorang game developer. Ya, membuat dan mengembangkan
perangkat lunak untuk multimedia game, merupakan prospek kerja yang cukup
menjanjikan bagi lulusan teknik informatika. Terlebih lagi, jika games yang
dilempar ke pasaran tersebut menjadi games yang fenomenal dan membuat siapapun
yang memainkannya menjadi addicted. Dijamin, pundi – pundi uang akan terus
mengalir ke dalam rekening anda.
Permasalahan/Kasus yang terjadi
pada pekerja teknik informatika bagi masa depan:
Pada era
modern ini sudah banyak sekali sekolah atau bahkan perguruan tinggi yang
mempunyai jurusan teknologi informasi yang dimana setiap lulusannya sudah
dibekali ilmu yang mempelajari tentang teknologi informasi, tapi yang menjadi
inti permasalahannya adalah tidak semua siswa atau mahasiswa yang mengambil
jurusan tersebut mampu menguasai teknologi informasi, dan juga ada yang mungkin
sebelumnya salah mengambil jurusan dan akhirnya sama sekali tidak mendapatkan
ilmu yang selama ini dipelajari, atau bahkan ada yang benar-benar serius dan
menguasai di bidang teknologi informasi tetapi memiliki saingan yang cukup
banyak karena hampir setiap sekolah yang berbasis teknologi komputer dan
perguruan tinggi yang mempunyai jurusan teknologi informasi juga mengeluarkan
lulusan yang baik juga, dan hal yang terpenting bagi setiap lulusan harus terus
optimis dan terus mengembangkan diri agar dapat bersaing dengan orang lain
sehingga mendapatka pekerjaan yang sesuai dengan jurusan yang diambil.
A. Pengertian Bisnis
Bisnis ialah
suatu organisasi yang menjual jasa atau barang kepada pembeli atau komsumen
ataupun bisnis lainnya, untuk memperoleh laba. Ada tiga hal penting dalam
bebisnis yaitu menghasilkan barang dan jasa, mencari profit dan memaksimalkan
kebutuhan konsumen. Dalam dunia perekonomian bisnis memiliki karakteristik
yakni sebagai berikut:
a)
Lembaga atau institusi atau organisasi social
dan ekonomi
b)
Berhubungan dengan berbagai barang dan jasa
yang memenuhi kebutuhan manusia
c)
Mencari
laba, profit atau keuntugan.
d)
Menentukan harga yang sesuai
e)
Akan ada kemungkinan mengalami kerugian
Ada juga
beberapa pengertian bisnis menurut para ahli yang mengungkapkan pendapatnya,
sebagai berikut:
Pengertian
Bisnis menurut Musselman adalah keseluruhan dari aktivitas yang diorganisir
oleh orang yang tidak berurusan di dalam bidang industri dan perniagaan yang
menyediakan barang dan jasa agar terpenuhinya suatu kebutuhan dalam perbaikan
kualitas hidup.
Pengertian
Bisnis Menurut Hooper, Pengertian Bisnis adalah keseluruhan yang lengkap pada
berbagai bidang seperti industri dan penjualan, industri dasar dan industri
manufaktur dan jaringan, distribusi, perbankkan, transportasi, insuransi dan
lain sebagainya; yang kemudian melayani dan memasuki dunia bisnis secara
menyeluruh.
B. Tujuan Bisnis
Tujuan utama
bisnis ialah untuk mencari keuntungan bagi setiap perusahaan yang bergerak
dalam bidangnya masing-masing, dan juga memberikan dampak yang positif bagi
negara karena perusahaan yang berdiri harus membayar pajak kepda pemerintah.
C. Teknologi Informasi dan Dunia Bisnis
Dengan
kemajuan teknologi yang semakin pesat saat ini, bisa dikatakan teknologi
informasi telah memasuki ke segala bidang, salah satunya dibidang bisnis.
Bisnis tanpa adanya memanfaatkan teknologi informasi tidak akan bisa maju dan
terancam bangkrut. Banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan teknologi informasi
untuk mendukung kemajuan bisnis dan mendapatkan keuntungan yang diinginkan.
Dengan
memanfaatkan teknologi informasi di bidang bisnis akan memberikan dampak
positif yang besar untuk jalanya bisnis yang kita bangun. Berikut beberapa
manfaat penting teknologi informasi dalam bidang bisnis:
1)
Munculnya peluang bisnis baru (E-business),
dengan semakin majunya teknologi dan informasi akan mendorong beberapa orang
untuk menciptakan beberapa peluang yang sangat menguntungkan dan sebagai modal
bisnis yang sangat menguntungkan. Contohnya pemanfaatan kemajuan teknologi dan
komunikasi adalah google. Di mana search engine google banyak digunakan untuk
mencari sesuatu di internet dan perusahaan google akan mendapatkan banyak
keuntungan.
2)
Mengurangi biaya produksi dan operasional,
kemajuan teknologi dan informasi dapat membantu perusahaan dalam mengurangi
biaya produksi sehingga perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang besar
dengan mengeluarkan pengeluaran yang sedikit. dan mengurangi operasional
sehingga perusahaan dapat menambah jumlah produksi di setiap barang
produksinya.
3)
Mempermudah proses komunikasi dan monitoring
setiap karyawan, mempermudah proses komunikasi dan monitoring setiap karyawan
yang bekerja, sehingga karyawan tidak perlu repot-repot datang ke ruang rapat
dan berkumpul bersama, dan bisa melakukan teleconference untuk saling
berkomunikasi mengenai beberapa ide. Hal tersebut membuat rapat menjadi lebih
praktis dan juga dapat mengawasi kinerja para karyawan.
4)
Akses informasi dan penyebaran informasi,
mempublikasikan berita melalui internet dapat tersebar luas dengan cepat
dibandingankan dengan menggunakan fax atau pos. Kita dapat menyebar luaskan
informasi ke seluruh dunia dan dapat berinteraksi langsung melalui komputer.
5)
Komunikasi yang cepat, fasilitas yang ada di
internet banyak membuktikan kecepatanya berkomunikasi dengan orang yang dituju,
seperti E-mail yang telah banyak digunakan untuk mengirim dan menerima dokumen.
Chat atau video conferencing juga mempercepat komunikasi.
D. Prosedur Pendirian Bisnis
a)
Tahapan pengurusan izin pendirian
Bagi
perusahaan skala besar hal ini menjadi prinsip yang tidak boleh dihilangkan
demi kemajuan dan pengakuan atas perusahaan yang bersangkutan. Hasil akhir pada
tahapan ini adalah sebuah izin prinsip yang dikenal dengan Letter of Intent
yang dapat berupa izin sementara, izin tetap hinga izin perluasan. Untk beerapa
jenis perusahaan misalnya, sole distributor dari sebuah merek dagang, Letter of
Intent akan memberi turunan berupa Letter of Appointment sebagai bentuk surat
perjanjian keagenan yang merupakan izin perluasan jika perusahaan ini memberi
kesempatan pada perusahaan lain untuk mendistribusikan barang yang diproduksi.
Berikut ini
adalah dokumen yang diperlukan, sebagai berikut :
a.
Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
b.
Nomor
Pokok Wajib Pajak (NPWP)
Selain itu
terdapat beberapa Izin perusahaan lainnya yang harus dipenuhi :
a.
Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), diperoleh
melalui Dep. Perdagangan.
b.
Surat
Izin Usaha Industri (SIUI), diperoleh melalui Dep. Perindustrian.
c.
Izin
Domisili.
d.
Izin Gangguan.
e.
Izin Mendirikan Bangunan (IMB).
f.
Izin dari Departemen Teknis.
b)
Tahapan pengesahan menjadi badan hukum
Tidak semua
badan usaha mesti ber badan hukum. Akan tetapi setiap usaha yang memang
dimaksudkan untuk ekspansi atau berkembang menjadi berskala besar maka hal yang
harus dilakukan untuk mendapatkan izin atas kegiatan yang dilakukannya tidak
boleh mengabaikan hukum yang berlaku. Izin yang mengikat suatu bentuk usaha
tertentu di Indonesia memang terdapat lebih dari satu macam. Adapun pengakuan
badan hukum bisa didasarkan pada Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD),
hingga Undang-Undang Penanaman Modal Asing ( UU PMA ).
c)
Tahapan penggolongan menurut bidang yang
dijalani
Badan usaha
dikelompokkan kedalam berbagai jenis berdasarkan jenis bidang kegiatan yang
dijalani. Berkaitan dengan bidang tersebut, maka setiap pengurusan izin
disesuaikan dengan departemen yang membawahinya seperti kehutanan, pertambangan,
perdagangan, pertanian dsb
d)
Tahapan mendapatkan pengakuan, pengesahan dan
izin dari departemen lain yang terkait
Departemen
tertentu yang berhubungan langsung dengan jenis kegiatan badan usaha akan
mengeluarkan izin. Namun diluar itu, badan usaha juga harus mendapatkan izin
dari departemen lain yang pada nantinya akan bersinggungan dengan operasional
badan usaha misalnya Departemen Perdagangan mengeluarkan izin pendirian
industri pembuatan obat berupa SIUP. Maka sebgai kelanjutannya, kegiatan ini
harus mendapatkan sertifikasi juga dari BP POM, Izin Gangguan atau HO dari
Dinas Perizinan.
E. Kontrak Bisnis
kontrak
adalah” Kaidah/aturan hukum yang mengatur hubungan hukum antar para pihak
berdasarkan kata sepakat untuk menimbulkan akibat hukum untuk melaksanakan
suatu prestasi/obyek perjanjian” dan Pengaturan umum tentang kontrak diatur
dalam KUHPerdata buku III. Penyusunan suatu kontrak bisnis meliputi bebrapa
tahapan sejak persiapan atau perencanaan sampai dengan pelaksanaan isi kontrak.
Tahapan-tahapan tersebut adalah sebagai berikut:
1.
Prakontrak
3. Pascakontrak
a.
Negosiasi
a. Pelaksanaan
b.
Memorandum of Understanding (MoU) b.
Penafsiran;
c.
Studi kelayakan c. Penyelesaian sengketa.
d.
Negosiasi (lanjutan)
2. Kontrak
a.
Penulisan naskah awal
b.
Perbaikan naskah
c.
Penulisan naskah akhir
d.
Penandatanganan
Sebelum
kontrak disusun atau sebelum transaksi bisnis berlangsung, biasanya terlebih
dahulu dilakukan negosiasi awal. Negosiasi merupakan suatu proses upaya untuk
mencapai kesepakatan dengan pihak lain. Dalam negosiasi inilah proses tawar
menawar berlangsung. Tahapan berikutnya pembuatan Memorandum of Understanding
(MoU). MoU merupakan pencatatan atau pendokumentasian hasil negosiasi awal
tersebut dalam bentuk tertulis. MoU walaupun belum merupakan kontrak, penting
sebagai pegangan untuk digunakan lebih lanjut di dalam negosiasi lanjutan atau
sebagai dasar untuk melakukan studi kelayakan atau pembuatan kontrak. Setelah
pihak-pihak memperoleh MoU sebagai pegangan atau pedoman sementara, baru
dilanjutkan dengan tahapan studi kelayakan (feasibility study, due diligent)
untuk melihat tingkat kelayakan dan prospek transaksi bisnis tersebut dari
berbagai sudut pandang yang diperlukan misalnya ekonomi, keuangan, pemasaran,
teknik, lingkungan, sosial budaya dan hukum.
F. Prosedur Pengadaan Bisnis
Prosedur pengadaan bisnis terbagi
mejadi dua, antara lain sebagai berikut:
Prosedur Pengadaan Tenaga Kerja
antara lain :
1.
Perencanaan Tenaga Kerja
Perencanaan
tenaga kerja adalah penentuan kuantitas dan kualitas tenaga kerja yang
dibutuhkan dan cara memenuhinya. Penentuan kuantitas dapat dilakukan dengan dua
cara yaitu time motion study dan peramalan tenaga kerja. Sedangkan penentuan
kualitas dapat dilakukan dengan Job Analysis. Job Analysis terbagi menjadi dua,
yaitu Job Description dan Job Specification / Job Requirement. Tujuan Job
Analysis bagi perusahaan yang sudah lama berdiri yaitu untuk reorganisasi,
penggantian pegawai, dan penerimaan pegawai baru.
2.
Penarikan Tenaga Kerja
Penarikan
tenaga kerja diperoleh dari dua sumber, yaitu sumber internal dan sumber
eksternal.
Sumber
internal yaitu menarik tenaga kerja baru dari rekomendasi karyawan lama dan
nepotisme, berdasarkan sistem kekeluargaan, misalnya mempekerjakan anak, adik,
dan sebagainya. Keuntungan menarik tenaga kerja dari sumber internal yaitu
lowongan cepat terisi, tenaga kerja cepat menyesuaikan diri, dan semangat kerja
meningkat. Namun kekurangannya adalah menghambat masuknya gagasan baru, terjadi
konflik bila salah penempatan jabatan, karakter lama terbawa terus, dan promosi
yang salah mempengaruhi efisiensi dan efektifitas. Tujuan menarik tenaga kerja
dari sumber internal adalah untuk meningkatkan semangat, menjaga kesetiaan,
memberi motivasi, dan memberi penghargaan atas prestasi.
Sumber
eksternal yaitu menarik tenaga kerja baru dari lembaga tenaga kerja, lembaga
pendidikan, ataupun dari advertising, yaitu media cetak dan internet.
Keuntungan menarik tenaga kerja dari sumber eksternal adalah dapat
meminimaslisasi kesalahan penempatan jabatan, lebih berkualitas dan memperoleh
ide baru/segar. Namun kekurangannya adalah membutuhkan proses yang lama, biaya
yang cukup besar, dan rasa tidak senang dari pegawai lama. Tujuan menarik
tenaga kerja dari sumber eksternal adalah untuk memperoleh gagasan/ide baru dan
mencegah persaingan yang negatif.
3.
Seleksi Tenaga Kerja
Ada lima tahapan
dalam menyeleksi tenaga kerja, yaitu seleksi administrasi, tes kemampuan dan
psikologi, wawancara, tes kesehatan dan referensi (pengecekan).
Terdapat dua
pendekatan untuk menyeleksi tenaga kerja, yaitu Succecive Selection Process dan
Compensatory Selection Process. Succecive Selection Process adalah seleksi yang
dilaksanakan secara bertahap atau sistem gugur. Compensatory Selection Process
adalah seleksi dengan memberikan kesempatan yang sama pada semua calon untuk
mengikuti seluruh tahapan seleksi yang telah ditentukan.
4. Penempatan
Tenaga Kerja
Penempatan
tenaga kerja adalah proses penentuan jabatan seseorang yang disesuaikan antara
kualifikasi yang bersangkutan dengan job specification-nya. Indikator kesalahan
penempatan tenaga kerja yaitu tenaga kerja yang tidak produktif, terjadi
konflik, biaya yang tinggi dan tingkat kecelakaan kerja tinggi.
Prosedur Pengadaan Barang dan
Jasa :
Jenis-jenis
metode pemilihan penyedia barang dan jasa ada empat, yaitu : Metode Pelelangan
Umum, Pelelangan Terbatas, Pemilihan Langsung, dan Penunjukan Langsung. Jika menggunakan metode Penunjukan Langsung,
maka prosedur pemilihan penyedia barang dan jasa seperti berikut :
1. Penilaian kualifikasi
4. Penunjukan penyedia barang/jasa
2. Permintaan penawaran dan negosiasi harga 5. Pengaduan
3. Penetapan dan penunjukan langsung 6.
Penandatanganan kontrak
G. Aplikasi Bisnis
Para eksekutif
dari semua perusahaan Fortune 500 ada di dalamnya, dan banyak bahkan
menggunakan LinkedIn untuk merekrut karyawan untuk dipekerjakan diperusahaan
mereka. Namun walau demikian, Linked in bukan hanya untuk orang-orang besar
atau perusahaan besar saja, LinkedIn juga merupakan sumber daya berharga untuk
usaha kecil karena kita dapat tumbuh dan mendorong hubungan bisnis baru jika
kita mau menfaatkan fasilitas dari LinkedIn ini. LinkedIn sendiri didirikan
oleh Reid Hoffman pada tahun 2002 silam, Situs ini memang belum sebesar
Facebook atau sepopuler Twitter. Sebab baru memiliki 161 juta anggota di lebih
dari 200 negara.Namun untuk ukuran jejaring sosial profesional, prestasi
LinkedIn sejatinya cukup mentereng. Bahkan saat ini, mereka sudah mengakomodir
17 bahasa.
Inti dari
jejaring sosial LinkedIn ini adalah untuk membuat hubungan bisnis-ke-bisnis,
namun kekuatannya melalui jaringan sosial yang sederhana. Tidak peduli apa
jenis pekerjaan atau jenis usaha kita, LinkedIn dapat bermanfaat untuk:
1.
Mendemonstrasikan keahlian melalui konten yang
Anda posting di bagian Jawaban situs tersebut, dengan melalui pertanyaan
terbuka yang diajukan oleh orang lain di situs tersebut dan menjawab pertanyaan
yang ada dengan jawaban yang sesuai dengan keahlian kita.
2.
Menghubungkan dengan profesional seperti Anda di
Grup yang bersangkutan. Melalui grup, kita dapat berdiskusi pada topik yang
sesuai dengan professi kita supaya dapat terhubung dengan para professional
lainnya
3.
Membantu
upaya optimasi mesin pencari Anda. Mesin pencari seperti Google menyukai
inbound link. Halaman profil pribadi Anda dan halaman perusahaan dapat
memberikan tautan (link) ke website Anda, ini dapatmemberikan Anda peringkat
yang lebih tinggi di dunia Google.
4.
Mendapatkan informasi terbaru yang berhubungan
dengan professi kita. Dengan menggunakan LinkedIn, Anda bisa mendapatkan berita
terbaru dikirimkan langsung ke inbox Anda dan / atau di bagian atas layar Anda
setiap kali Anda log in.
H. Proses dan Strategi Pengembangan Bisnis TI
Saat ini
penerapan teknologi informasi dan komunikasi diperlukan dalam dunia bisnis
sebagai alat bantu dalam upaya memenangkan persaingan. Pembangunan Teknologi
Informasi Perusahaan dilakukan secara bertahap sebelum sebuah sistem holistik
atau menyeluruh selesai dibangun, hal tersebut disesuaikan dengan kekuatan
sumber dayayang dimiliki. Dalam penerapannya rencana strategis
TeknologiInformasi senantiasa diselaraskan dengan Rencana Perusahaan,
agarsetiap penerapan Teknologi Informasi dapat memberikan nilai bagi
Perusahaan. Mengacu kepada Arsitektur Teknologi Informasi Perusahaan pembangunan,
penerapan Teknologi Informasi yang dilakukan dikategorikan sebagai berikut :
a.
Aplikasi Teknologi Informasi yang menjadi
landasan dari berbagai aplikasi lain yang ada di dalam Perusahaan antara lain
sistem operasi, basis data, network management dan lain-lain.
b.
Aplikasi yang sifatnya mendasar (utility) yaitu
aplikasi Teknologi Informasi yang dipergunakan untuk berbagai urusan utilisasi
sumber daya Perusahaan anatara lain sistem penggajian, sistem akuntansi &
keuangan dan lain-lain.
c.
Aplikasi Teknologi Informasi yang sesuai dengan
kebutuhan spesifikPerusahaan terutama yang berkaitan dengan proses penciptaan
produk/jasa yang ditawarkan Perusahaan antara lain Aplikasi Properti, Aplikasi
Forwarding dan Aplikasi Pergudangan.
Aturan
E-Business pada Bisnis :
1.
Komunikasi
Yang dimaksud
dengan komunikasi adalah adanya fasilitas atau media yang memungkinkan
terjadinya pertukaran informasi, layanan, transaksi elektronik (pemesanan dan
pembayaran secara elektronik) dan perpindahan barang dari penjual ke pembeli.
Media komunikasi yang memadai yang bisa mempertemukan pelaku e-Business menjadi
syarat utama terselenggaranya.
2.
Komersial (Perdagangan)
Sisi komersial
yang disyaratkan pada e-Business adalah adanya sistem untuk melakukan transaksi
online mulai dari promosi barang, pemesanan barang, pembayaran dan pengiriman
barang. Pembeli barang memesan barang tidak memerlukan melihat barang secara
langsung tetapi melalui gambar atau spesifikasi yang tercantum dalam website.
Sedangkan untuk pemesanan, sistem shopping online terhubung dengan sistem
inventory untuk mengetahui stock barang sehingga barang yang dibeli memang ada.
Untuk pembayaran, sistem shopping online harus terhubung dengan otoritas
pembayaran misalnya bank atau penyedia kartu kredit agar nilai yang dibayarkan
oleh pembeli berasal dari alat pembayaran yang sah dan memiliki nilai yang
cukup.
3.
Proses Bisnis
Setiap pelaku
e-Business yang ingin melalukan transaksi elektronik dan mendapatkan manfaat
semaksimal mungkin dari e-Business harus melakukan optimalisasi proses bisnis
internal dengan memanfaatkan teknologi informasi agar aliran informasi,
transaksi, maupun lama pengiriman barang menjadi dipersingkat, biaya transaksi
menjadi lebih ekonomis jika dibandingkan dengan perdagangan yang dilakukan
secara tradisionaL
4.
Layanan
Bagi setiap
institusi yang menjadi pelaku e-Business, penggunaan teknologi informasi dan
internet seharusnya menjadikan layanan ke customer menjadi lebih baik, lebih
ekonomis, dan lebih terjangkau. Misalnya, dimensi barang yang ditawarkan
beserta spesifikasinya bisa diperiksa lebih seksama sebelum dibeli (diakses
melalui website), tidak diperlukan toko secara fisik, dan bisa diakses dari
mana saja dengan menggunakan internet. Bahkan dengan sistem informasi, customer
bisat dilayani secara khusus dan personal karena data-data aktifitas customer
direkam dan bisa dilakukan analisis untuk meningkatkan pelayanan.
5.
Learning
Untuk
meningkatkan awareness baik diantara pengguna maupun pelaku e-Business, proses
edukasi sangat penting agar semakin banyak anggota masyarakat yang menyadari
manfaat dan kelebihan dari transaksi online. Perbedaan dengan transaksi
tradisional adalah pembeli dan penjual tidak perlu belajar sebelum melakukan
transaksi sedangkan transaksi online karena pengguna maupun pelaku tidak
berhadapan dengan manusia tetapi dengan mesin computer maka diperlukan proses
edukasi agar mereka bisa menggunakan fasilitas atau media transaksi dengan
lancar.
6.
Kolaborasi
Satu siklus
transaksi online antara penjual dan pembeli melibatkan stakeholder lain yang
harus berkolaborasi untuk menyelesaikan transaksi tersebut. Pada saat
pembayaran maka akan terjadi kolaborasi antara penyedia shopping online dengan
bank atau penyedia kartu kredit untuk menyelesaikan proses pembayaran. Setelah
dibayar maka terjadi kolaborasi antara penyedia shopping online dengan gudang,
dan jasa pengiriman barang untuk mengantarkan barang sampai ke pembeli. Pihak
lain yang juga terlibat adalah pihak asuransi untuk melakukan penjaminan
transaksi maupun atas barang yang dikirim. Kolaborasi yang terjadi dalam e-Business.
7.
Komunitas
Dalam dunia
maya (world wide web) komunitas merupakan salah satu indikator untuk mengukur
aktifitas pengguna. Dalam e-Business, komunitas merupakan media yang cukup
penting untuk belajar dan memperbaiki diri secara terus menerus baik dari sisi
pelaku maupun pengguna dalam hal produk, layanan, maupun mekanisme transaksi.
https://wirasetiawan29.wordpress.com/2014/08/17/apa-itu-api/
https://id.wikipedia.org/wiki/Robot_humanoid
http://www.berkuliah.com/2014/07/kamu-jurusan-teknik-informatika-inilah.html
http://www.kompasiana.com/emijulaikah/manfaat-teknologi-informasi-di-bidang-bisnis_57492108337b61ad0f7fa86a
http://www.pakaronline.com/linked-in/mengenal-linkedin-dan-manfaatnya/
http://asqabete.blogspot.com/2012/01/aturan-pada-e-business.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Robot_humanoid
http://www.berkuliah.com/2014/07/kamu-jurusan-teknik-informatika-inilah.html
http://www.kompasiana.com/emijulaikah/manfaat-teknologi-informasi-di-bidang-bisnis_57492108337b61ad0f7fa86a
http://www.pakaronline.com/linked-in/mengenal-linkedin-dan-manfaatnya/
http://asqabete.blogspot.com/2012/01/aturan-pada-e-business.html
No comments :
Post a Comment