Friday, 23 December 2016

Tren Masa Kini Dan Masa Depan

Sekarang ini peranan IT dalam kehidupan manusia sudah semakin penting. Karena seiring dengan perkembangan IT tersebut manusia banyak melakukan pekerjaannya di depan komputer maupun dengan menggunakan handphone untuk komunikasi. Namun hal tersebut juga harus diimbangi dengan kesadaran untuk menggunakan IT untuk kepentingan yang positif. Oleh karena tidak sedikit juga para ahli IT yang menggunakannya untuk kejahatan. Sehingga perkembangan IT di Indoesia sudah cukup berkembang, tetapi belum dalam berbagai hal. Dan perlu adanya pengawasan dari pihak yang berwenang agar dampak negatif dari IT dapat dikurangi

Masa Kini Membentuk Masa Depan

  • ·    Aturan Undang-Undang (Kepastian Hukum)


Melindungi hak pencipta dan penemu adalah tanggung jawab konstitusional kongres AS, tetapi sukar dipenuhi dengan adanya pengopian digital yang akurat dan file server terdistribusi yang beroperasi di Internet. Berbagai metode saat ini untuk mendistribusikan musik, video, dan perangkat lunak pada CD mungkin akan digantikan dengan metode lain. Model yang barangkali akan menjadi lebih popular adalah membayar sejumlah kecil uang per video atau lagu. Model ini bekerja seperti kartu telepon. Anda menyimpan uang pada rekening online, dan kapan saja anda ingin membeli sesuatu dari pedagang yang uu-ite-minberpartisipasi, anda mengklik sebuah ikon pada halaman Web dan harganya dikurangkan dari rekening anda.
Sebuah studi oleh National Science Foundation pada 1999 melaporkan bahwa ilmuwan computer yang bekerja di Amerika yang bergelar di atas sarjana, 29 persen dari mereka yang bergelar master adalah keturunan asing, dan 39 persen yang bergelar dokter adalah keturunan asing. Kemakmuran industri computer AS tergantung pada kemampuan mereka untuk menarik talenta terbaik dari seluruh dunia. Salah satu factor yang menarik orang-orang ini dating ke AS adalah perlindungan terhadap hak-hak mereka untuk mendapat laba dari ide-ide mereka.

  • ·         Kewirausahaan dan Modal Ventura

Kapitalis ventura akan membiayai usahawan jika mereka mempunyai uang surplus untuk mengambil risiko dan jika mereka bersikukuh untuk membentuk laba besar ketika mereka memahami hak usahawan. Banyak orang menilai bahwa Microsoft menghambat pertumbuhan perusahaan-perusahaan yang baru mulai dengan cara menyalahgunakan kepemilikan Windows-nya dan sejumlah besar uang yang mereka peroleh dari system operasi. Banyak perusahaan kecil menciptakan perangkat lunak khusus yang melakukan sebuah fungsi yang sangat penting. Jika Microsoft memilih untuk menciptakan sebuah produk yang bersaing dan memasukkannya dengan windows dengan tanpa biaya tambahan, perusahaan mereka kepada Microsoft. Motivasi lain untuk usahawan adalah ketenaran. Thomas Edison dan Wright bersaudara adalah penemu Amerika terkenal yang mendirikan bisnis yang sukses.

Banyak mahasiswa yang mengambil jurusan ilmu komputer atau rancang bangun komputer serig diberi label nerds atau geek, tetapi mereka adalah orang-orang yang mungkin menemukan atau merintis produk-produk yang akan membentuk basis komputer untuk pekerjaan di masa depan. Untuk membangun ekonomi yang kuat d imasa depan dengan basis computer, orang-orangmuda perlu didukung oleh rekan sebaya mereka dan orang-orang lebih tua untuk mengejar berbagai minat di dalam ilmu pengetahuan dasar, pemrograman, dan ilmu komputer.

  • ·         Riset dan Kemakmuran Pasca_PD II

Sistem Soviet tidak bisa menyaingi Amerika Serikat dengan sukses dan runtuh pada tahun 1990, meninggalkan Amerika Serikat sebagai satu-satunya adikuasa. Sumber daya domestic AS, seperti minyak yang dipakai untuk mendanai PD II dan perang dingin, sedang berkurang, dan AS mengeluarkan uang untuk mengimpor minyak dan barang-barang manufaktur dengan mengekspor produk dan jasa berkualitas tinggi. Amerika Serikat memimpin dunia di bidagriset, tetapi perbedaan antaraAmerika Serikat den Negara-negara lain semakin berkurang. Satu cara untuk mengukur performa Negara adalah dengan memerhatikan neraca perdagangan dengan Negara-negara lain

  • ·         Perangkat Keras dan Perangkat Lunak

Hukum moore meramalkan kenaikan dua kali lipat dari power computer setiap satu atau dua tahun. Para pakar di Bell Laboratories memperkirakan bahwa batas teoritis dari transistor berbasis silicon akan dicapai menjelang 2012. Para peneliti sedang mencari ide-ide baru untuk membuat chip computer lebih kecil, lebih cepat, lebih kuat dengan bekerja di tingkat molecular. Alat yang kecil ini diukur dalam nanometer, sepermiliar meter, dan teknologi dari alat ini disebut nanoteknologi.

  • ·         Perubahan pada Antarmuka Komputer/Masyarakat

Unit sistem dari komputer desktop masa kini telah berubah secara dramatis, tetapi monitor, keyboard, dan mouse tidak banyak berubah dalam 20 tahun terakhir.
Mengganti Monitor Monitor sedang berubah dari CRT ke panel datar, tetapi gagasan yang lebih baru sedang dikembangkan. Satu metodenya adalah memasang sebuah layer kecil pada sepasang kaca dengan sebuah lensa yang membuat layer tampak mengapung di udara di depan kita. Metode lain adalah membuat layer tampak mengapung di depan kita dengan menggunakan laser low-power untuk memproyeksikan gambar secara langsung ke retina di belakang bola mata.
Mengganti keyboard dan mouse Belajar untuk mengetik pada sebuah keyboard adalah penghalang untuk menggunakan computer yang sudah bersama kita sejak awal. Pengenalan suara (voice recognition) adalah suatu teknologi yang tumbuh dengan mantap. Kemungkinan besar pengenalan suara akan tumbuh secara signifikan dalam 10 tahun ke depan pada titik dimana ia menjadi alternative yang sehat untuk mengetik. Teknologi ini direpresentasikan dalam film minority report, dimana para pengguna diurutkan melalui data dan gambar dengan mengangkat tangan mereka di udara.

Realitas virtual dan avatar jika input sensori dari penglihatan dan sentuhan dapat dikendalikan oleh computer dan computer dapat bereaksi terhadap tindakan-tindakan pengguna maka individu dapat berinteraksi dengan dunia tiruan yang disebut Realitas Virtual(VR). VR telah digunakan untuk mendesain kompartemen penumpang mobil serta untuk melatih astronot dan pilot.
  • ·         Kecerdasan Tiruan

                Ketika komputer mulai melakukan berbagai tugas yang serupa dengan yang dilakukan oleh manusia, orang-orang mulai ingin tahu apakah computer akan memiliki kemampuan untuk berpikir separti manusia ataupun berpikir dalam cara yang sepenuhnya baru, yang mungkin lebih unggul dibanding manusia. Kemampuan ini disebut Kecerdasan Tiruan (AL=artifical intelligence). Pada 1950-an Alan Turing melakukan tes sederhana. Ia mengatakan bahwa anda mulai dengan menempatkan seseorang pada sebuah keyboard yang berkomunikasi dengan computer atau dengan seseorang. Jika oaring pada keyboardartificial-intelligence tidak bisa menceritakan perbedaan antara respons computer dan respons orang muka artinya computer telah mencapai kecerdasan. Komputer da[at mengikuti ter Turing dan waktu singkat dan dalam lingkungan yang sangat terbatas.
Pada tahun 1997 sebuah komputer IBM bernama Deep Blue mengalahkan juara catur dunia, dengan menggunakan metode yang oleh IBM dinamakan deep computing. Deep computing Institute dari IBM menerapkan teknologi yang ia kembangkan untuk memecahkan masalah yang rumit seperti memasangkan kru dengan penerbangan, menilai risiko asuransi, memusatkan pencarian Web, dan membandingkan campuran tumbuhan dengan informasi genetic untuk mengidentifikasiaplikasi potensial sebagai obat. Komputer juga mampu menyediakannasihat untuk berbagai masalah rumit di mana mereka mengambil peran sebagai konsultan pakar. Sistem jenis ini disebut Sistem Pakar. Program canggih dapat juga menganalisa database yang sangat besar, mencari pola-pola yang tidak akan tampak nyata bagi manusia oleh karena ukuran database. Menemukan pola-pola dalam database besar disebut data mining.



Kemampuan ini menjadi bagian Al, tetapi itu hanya permulaan. Ada beberapa factor yang membatasi pengembangan Al. Salah satunya adalah pengetahuan manusia tidak mampu menyediakan konteks untuk terminology atau instruksi yang rancu, dan faktor lain adalah bahwa otak manusia tidak bekerja seperti komputer digital. Para programer computer harus bekerja keras untuk belajar bagaimana menuliskan instruksi lengkah demi langkah yang spesifik, disebut algoritma, untuk bekerja dengan computer. Daripada berusaha menulis algoritma yang mengantisipasi setiap penafsiran atau konteks yang mungkin, ilmuwan komputer justru berusaha mendekati permasalahan dengan cara seperti yang dilakukan oleh otak manusia. Masalah mendasar pengembangan computer dengan Al adalah otak manusia dibangun dengan cara yag berbeda dibanding computer digital. Komputer dapat dengan lebih baik mengenali pola-pola perilaku dan dapat digunakan untuk mendeteksi perilaku yang semestinya tidak terjadi. Ilmuawan di laboratorium IBM mengembangkan sebuah system imun computer untuk melawan virus, yang serupa dengan system imun manusia. Sistem imun manusia menggunakan sel darah putih yang mengenali organisme yang bukan anggota tubuh dan menyerang mereka. Kita mungkin mengetahui kreasi program computer yang bertindak seperti sel darah putih, yang secara otomatis mengidentifikasikan virus denganmengenali pola perilaku dan menyerang mereka begitu mereka muncul. Sebuah pendekatan untuk memecahkan masalah yang sulit dilakukan oleh computer digital adalah dengan menyusun mikroprosesor dalam sebuah jaringan dengan koneksi ke masing-masing sama dengan cara sel saraf di dalam otak dihubungkan ke banyak sel saraf lainnya. Pengaturan ini disebut jaringan saraf. Komputer digital kemungkinan besar terus berkembang sesuai hokum moore untuk sedikitnya 20 tahun, sehingga ada kemungkinan bahwa mereka akan mendekati perilaku manusia secara lebih baik, dengan menggunakan desain sirkuit digital tradisional.
  • ·         Robot

                Para penulis fiksi ilmiah pada awalnya memimpikan mesin dengan kecerdasan tiruan yang dapat melakukan pekerjaan manusia. Dramawan Cekoslovakia, Karel Capek, mengadaptasi kata robota (bahasa Cekoslovakia) yang artinya pekerjaan, untuk menggambarkan mesin ini. Kebanyakan penulis fiksi ilmiah memimpikan robot humanoid yang dapat berbicara dan saling berinteraksi seperti manusia. Hal ini menimbulkan berbagai pertanyaan seputar moral dan etika tentang hak-hak untuk mesin Al adalah makhluk berbasis-silikon, yang membedkan mereka dari makhluk berbasis-karbon seperti kita. Contoh-Contoh Meningkatnya kekuatan prosesor diharpkan terus berlanjut untuk sedikitnya 8 tahun ke depan dengan tidakada terobosan mendasar. Barangkali aka nada juga perubahan-perubahan pada factor lain yang memberikan dasar bagi pertumbuhan Amerika di bidang prosesor. Memroyeksikan tren masa lampau ke masa depan tak selalu terlepas dari kesalahan, tetapi proyeksi seperti ini masih berguna untuk dilakukan dalam rangka membuat rencana dan menyiapkan diri untuk perubahan yang akan datang. Disini ada beberapa contoh tentang apa yang diharapkan pada 15 tahun berikutnya, bersama dengan beberapa spekulasi tentang apa yang bisa terjadi dalam hidup kita.
  • ·         Kesehatan

Komputer menyajikan kepada para professional layanan kesehatan dengan peranti yang mempunyai kemajuan yang mengagumkan. Kita dapat mengharapkan perubahan revolusioner di bidng biologi dan layanan kesehatan menusia, yang menyaingi revolusi computer pada 1980-an dan 1990-an. Mikroprosesor akan menjadi lebih kecil dan dapat ditanamkan di dalam jantung manusia atau organ tubuh lainnya untuk memonitor dan melaporkan beberapa jenis masalah sebelum masalah menjadi akut. Robot-robot itu dapat menyediakan perawatan efektif untuk berbagai jenis kanker. Komputer telah digunakan dengan laser untuk mengoreksi kornea mata untuk menghapuskan kebutuhan akan kacamata. Komputer digunakan untuk memproses gambar dan menyediakan penglihatan tiruan. Satu metode menggunakan sebuah retina tiruan yang dilekatkan pada saraf optic di belakang bola mata, dan metode lain adalah merangsang korteks visual dari otak secara langsung. Prototip kasar dari kedua system ini telah diuji pada banyak manusia dengan hasil yang memberi harapan.
·         Militer
                Angkatan Bersenjata AS sangat menghargai nyawa tentara mereka dan mereka menggunakan teknologi kapan saja mungkin untuk mengurangi resiko bagi personilnya. Robot digunakan untuk masuk ke gua atau gedung untuk menemukan musuh dan membawa bahan peledak. Militer melatih tentaranya untuk menggunakan simulator yang dioperasikan oleh computer untuk mengurangi biaya dan meningkatkan keselamatan. Kepercayaan pada teknologi dan penempatan nilai tinggi atas nyawa manusia membuat Angkatan Bersenjata AS menjadi kekuatan konvensional yanh paling kuat di dunia dan membuat mereka dapat diisi oleh para sukarelawan. Kemungkinan ini mungkin terus berlanjut ketika kemajuan teknologi computer terus diberlakukan untuk pelatihan dan peralatan militer.
  • ·         Pemerintah

                Pemerintah menghadapi beberapa tantangan pada tahun-tahun yang akan datang sehubungan dengan perubahan pada komputasi dan kapabilitas internet.
Setelah kontraversi mengenai banyaknya kartu suara pada pemilihan presiden tahun 2000, ada momentum di balik gagasan untuk melakukan pemungutan suara online.
Lembaga penegak hukum mungkin dapat mengambil lebih banyak keuntungan dari tes DNA dan biometrik U S Patriot Act akan diberlakukan penuh, dan berbagai dabase akan digabungkan bersama untuk profile individu, akibatnya adalah pricasi manjadi lebih sedikit.
Penggunaan dabase computer dan analisis DNA terkomputerisasi akan mengubah asumsi dasar mengenai asuransi kesehatan dengan mengidentifikasi lebih dahulu siapa yang akan sakit atau mati Sistem de facto dari system nomor ID nasional kemungkinanbesar akan muncul. Sistem dapat menggunakan nomor jaminan social atau angka-angka yang mencerminkan bagian unik urutan DNA seseorang.
Jika serangan teroris ke kota-kota besar dengan menggunakan senjata pemusnah missal berhasil dilakukan, mungkin lebih banyak orang yang akan pindah dari kota besar ke pinggir kota dan menggunakan telecommuting dan telekonferensi untuk aktivitas kerja sehari-hari.
                Perkembangan teknologi informasi saat ini sangat pesat, khususnya teknologi komputer sudah banyak mempengaruhi sebagian besar dalam dunia usaha. Hal ini dapat dilihat dengan semakin banyaknya penggunaan komputer sebagian alat bantu dalam menyimpan dan mengolah data-data dalam suatu dunia usaha. Informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting dan mempunyai nilai yang nyata atau yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan yang sekarang maupun pengambilan keputusan pada waktu yang akan datang.
Pergi bekerja dari rumah ke kantor dengan cara terbang menggunakan roket di punggung mungkin akan terjadi pada tahun 2030. Itulah perkiraan yang disampaikan oleh seorang panelis pada Diskusi ”Sewindu Reformasi Mencari Visi Indonesia 2030”. Tidak hanya orang, mobil pun bisa terbang. Dahsyat dan menakjubkan bisnis-online1jika hal itu benar-benar terjadi nanti. Mereka-reka apa yang akan terjadi di Indonesia 25 tahun yang akan datang memang tidak mudah karena itu menyangkut perjalanan bangsa Indonesia dan umat manusia di dunia dalam satu generasi. Bukan tidak mungkin nanti robot akan memiliki perasaan seperti manusia melalui rekayasa DNA. Sebaliknya, sebagian perangkat tubuh manusia akan ditambah dengan peralatan robot. Misalnya, pada sebagian tangan atau kaki manusia nanti ada perangkat robotnya sehingga dapat memiliki tenaga ekstra untuk bekerja atau berkarya melebihi manusia yang hidup pada zaman sekarang.Tidak hanya itu. Sangat boleh jadi nanti manusia bisa melihat kehidupan masyarakat di masa depan setelah ”dikirim” melalui perangkat yang disebut lorong waktu (time tunnel) sehingga bisa mengetahui atau bahkan bisa mencegah kemungkinan hal-hal yang bisa membinasakan kehidupan umat manusia di masa datang. Jika kita membayangkan itu semua, sepintas mungkin seperti mimpi atau sama seperti kita menyaksikan film-film fiksi sains di layar kaca atau bioskop.Namun, hal itu sangat mungkin terjadi melalui revolusi teknologi dan bioteknologi. Sebaliknya, jika kita melihat kondisi Indonesia sekarang, yang kita saksikan adalah arus deras masuknya barang-barang dan perangkat teknologi impor. Sebagian dari kita merasa bingung dan terkaget-kaget pada perkembangan teknologi itu. Namun, sebagian lagi merasa tertantang oleh arus masuk teknologi modern dalam ranah kehidupan kita sehari-hari. Sebagai pengguna, adakalanya sebagian dari kita gagap dan bingung menghadapi perkembangan teknologi yang berlangsung cepat ini. Contohnya, ketika sejumlah menteri pada Kabinet Indonesia Bersatu dilengkapi dengan alat kerja canggih untuk dapat mengirim dan menerima surat elektronik melalui sebuah gadget, sebagian di antara mereka ada yang gagap teknologi atau gaptek. Kalau di antara penentu kebijakan masih ada yang lack of technology (kurang paham teknologi), sangat bisa dimaklumi kalau masyarakat pada umumnya juga kesulitan untuk dapat menerima teknologi baru. Bagi sebagian orang, cara berkomunikasi seolah dianggap baru sempurna kalau dilakukan secara lisan dengan bertatap muka secara langsung. Demikian pula dalam cara kita bekerja, adakalanya pergi ke kantor merupakan suatu keharusan. Padahal, di era serba cepat seperti sekarang, pekerjaan selayaknya berorientasi pada memaksimalkan output (hasil). pekerjaan tertentu, tidak mutlak lagi harus dikerjakan di kantor, tetapi bisa juga dikerjakan di rumah. Oleh karena itu, akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah small office home office (SOHO). Di era serba teknologi seperti sekarang, cara berkomunikasi dan melakukan transaksi bisnis yang efektif tidak selalu harus melalui cara bertatap muka meskipun hal itu bisa menimbulkan gugatan dari aspek budaya. Seperti kita ketahui, pada tahun 1990-an, transaksi perbankan masih dilakukan secara konvensional, di mana nasabah yang hendak mentransfer uang masih harus mendatangi kantor bank dan bertemu langsung dengan customer service. Kalau banyak yang akan melakukan transaksi, para nasabah harus bersabar untuk antre. Kondisi ini tentu saja sangat menyita waktu dan sering menjengkelkan.Namun, kini, transaksi perbankan sudah bisa dilakukan dalam waktu cepat melalui internet banking. Melalui sentuhan tangan di keyboard komputer yang terhubung ke jaringan internet atau melalui smartphone, sekarang nasabah sudah bisa melakukan transaksi perbankan dari mana dan kapan saja. Perkembangan teknologi informasi mampu mengatasi dimensi waktu, ruang, dan jarak. Jaringan komunikasi yang berkembang demikian pesat telah banyak membantu umat manusia dan sejumlah perusahaan di jagat raya ini untuk saling berinteraksi dan melakukan transaksi bisnis satu sama lain. Proses pengiriman berita dari atas pesawat kepresidenan yang sedang mengisi bahan bakar di Bandara Hongkong bisa dilakukan penulis dalam waktu relatif singkat melalui sebuah gadget, ketika mengikuti rombongan Presiden Abdurrahman Wahid pada tahun 2001.Perkembangan teknologi informasi telah mengubah cara pandang dan perilaku orang dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu juga bisa mengubah mekanisme kerja sebuah perusahaan. Adakalanya perkembangan teknologi informasi yang berlangsung dengan cepat bisa melampaui perkembangan perusahaan itu sendiri.Oleh karena itu, perusahaan yang lambat dalam mengikut perkembangan teknologi bisa jadi akan tersisih dari dinamika masyarakat dan kemungkinan bisa kalah dalam persaingan usaha. Saat ini jaringan internet relatif sudah memasyarakat meskipun di Indonesia masih terbilang mahal untuk bisa memakai internet, bila dibandingkan dengan di negara maju.



Java Teknologi Masa Depan

                Mungkin sebagian dari kita masih belum familiar dengan istilah Java, padahal tanpa disadari, kebanyakan aplikasi yang berjalan di handphone, terutama game yang dipakai sehari-hari adalah salah satu hasil dari aplikasi Java. Disamping itu, keunggulan lain yang dimiliki oleh java adalah multi platform, artinya setiap aplikasi yang kita bangun menggunakan bahasa Pemrograman Java, maka akan berjalan dengan baik pada sistem operasi apa saja, bisa di sistem operasi Windows, Linux, Unix dan lain-lain. Sebuah keunggulan yang tidak dimiliki oleh bahasa pemrograman yang lain, sehingga tidak heran kalau bahasa pemrograman Java di kenal dengan istilah ”Create once, run anywhere”Lalu, kenapa Java di katakan sebagai teknologi masa depan adalah karena flesbilitas dan kemudahan menggunakannya serta mampu mencakup keseluruhan aspek pemrograman yang dibutuhkan di masa depan, yaitu :
Dengan Java kita mampu membangun aplikasi yang berbasis server (website misalnya), teknologi ini disebut dengan J2SE (Java versi 2 Standard Edition)
                Dengan Java kita mampu membangun aplikasi berbasis Teks maupun Grafik (Graphical User Interface), teknologi ini disebut dengan J2EE (Java versi 2 Enterprise Edition).
Dengan Java kita mampu membangun aplikasi berbasis Mobile, sehingga bisa jalan di Handphone, teknologi ini disebut dengan J2ME (Java versi 2 Micro Edition).

                Java adalah sebuah teknologi dalam bidang pemrograman dan multi platform yang diprakarsai oleh Sun Microsystem dari sebuah proyek yang bernama The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang. Pertemuan proyek berlangsung di sebuah gedung perkantoran Sand Hill Road di Menlo Park.Sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama, yang ditujukan sebagai pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch screen), seperti pada PDA sekarang ini. Teknologi baru ini dinamai “*7″ (Star Seven). Setelah era Star Seven selesai, sebuah anak perusahaan TV kabel tertarik ditambah beberapa orang dari proyek The Green Project. Mereka memusatkan kegiatannya pada sebuah ruangan kantor di 100 Hamilton Avenue, Palo Alto.Perusahaan baru ini bertambah maju: jumlah karyawan meningkat dalam waktu singkat dari 13 menjadi 70 orang. Pada rentang waktu ini juga ditetapkan pemakaian Internet sebagai medium yang menjembatani kerja dan ide di antara mereka. Pada awal tahun 1990-an, Internet masih merupakan rintisan, yang dipakai hanya di kalangan akademisi dan militer. Mereka menjadikan perambah (browser) Mosaic sebagai landasan awal untuk membuat perambah Java pertama yang dinamai Web Runner, terinsipirasi dari film 1980-an, Blade Runner. Pada perkembangan rilis pertama, Web Runner berganti nama menjadi Hot Java. Pada sekitar bulan Maret 1995, untuk pertama kali kode sumber Java versi 1.0a2 dibuka Kesuksesan mereka diikuti dengan pemberitaan pertama kali pada surat kabar San Jose Mercury News pada tanggal 23 Mei 1995. Tiga dari pimpinan utama proyek, Eric Schmidt dan George Paolini dari Sun Microsystems bersama Marc Andreessen, membentuk Netscape. Nama Oak, diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja “bapak java”, James Gosling. Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi release Java karena sebuah perangkat lunak sudah terdaftar dengan merek dagang tersebut, sehingga diambil nama penggantinya menjadi “Java”. Nama ini diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling.Begitulah sekilas munculnya teknologi pemrograman Java ini, yang sepintas juga identik dengan salah satu daerah di Indonesia, yaitu Jawa, dan beberapa aplikasi yang dibangun oleh komunitas Java diseluruh dunia menggunakan istilah-istilah yang terkait dengan indonesia, misalnya Jakarta Tomcat (server untuk java), Gamelan, dan lain sebagainya.



Sekarang teknologi dan bahasa pemrograman Java bersifat Open Source dan dikembangkan oleh banyak komunitas yang ada didunia, maka sudah sepantasnya mulai sekarang kita beralih untuk mempelajari dan menikmati keunggulan Java ini.Keunggulan-keunggulan dan prospek pengembangan Java di masa depan inilah yang membuat Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Depatemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia (BP-KLN RI) mewajibkan kepada seluruh lulusan Program Kelas D.III Teknisi Komputer dan Jaringan yang ada diseluruh Indonesia untuk mendapatkan sertifikasi Java sebagai standar kelulusannya. Oleh karena itu dibentuk sebuah badan yang diberi nama JENI (Java Educational Network Indonesia) yang berwenang untuk memberi sertifikasi standar kelulusan atas penguasaan Java.

Teknologi Masa Depan Dalam Dunia Pendidikan

                Revolusi informasi telah mengubah sistem komunikasi dunia dewasa ini, sebaran jaringan informasi yang tersimpan dalam internet membuktikan bahwa kini dunia kian sempit, tidak ada lagi batas-batas geografis yang menghalangi kita untuk berinteraksi dengan dunia global. Akses ke dunia global pun menjadi sangat mudah, efisien, dan fleksibel. Kemudahan itu merupakan salah satu manfaat yang didapatkan dari globalisasi yang melibatkan integrasi di berbagai bidang di antarannya pendidikan dan teknologi. Sumbangsih pemikiran dari dunia pendidikan telah melahirkan modernisasi di segala bidang kehidupan masyarakat dunia saat ini. Berhubungan dengan hal itu, kehadiran teknologi telah meningkatkan kualitas dan keampuhan pendidikan itu sendiri. sebagaimana empat pilar pendidikan yang di cetuskan oleh Unesco antara lain learning to know,learning to do,learning to be, dan learning together. Imbas globalisasi yang merasuki segala lini kehidupan bangsa di seluruh dunia telah melahirkan berbagai pandangan berperspektif baru. Sebagai contoh, apabila pada masa sebelum ini atau era perang dingin, perspektif dunia adalah pemihakan blok, Blok barat atau Blok timur, maka perspektif dunia pada era globalisasi adalah integrasi; dan sistem dunia pun dilambangkan dengan World Wide Web (WWW), yang mudah dijumpai di dalam penulisan alamat situs internet. Arus globalisasi telah memunculkan perspektif baru pendidikan. Strategi pendidikan dari pendidikan tatap muka yang konvensional kini berubah ke arah pendidikan yang lebih terbuka. Pendidikan di masa depan akan lebih dioptimalkan olehteknologi-pendidikan jaringan informasi yang memungkinkan interaksi dan kolaborasi. Pemanfaatan jaringan informasi sudah terbukti keutamaan serta benefitnya bagi masyarakat. Dengan demikian, masuknya pengaruh globalisasi telah mengubah pendidikan kita sehingga lebih bersifat jejaring, terbuka dan interaktif, beragam, multidisiplin, serta berorientasi produktivitas kerja “saat itu juga” just on time dan kompetitif.

Perkembangan Pendidikan Masa Depan

Kecenderungan pendidikan Indonesia di masa mendatang adalah makin berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus pembeelajaran jarak jauh (distance learning). Saat ini distance learning masih dibatasi untuk universitas terbuka (UT). Oleh karena itu, izin penyelenggaraan pendidikan jarak jauh perlu diubah supaya kerja sama internasional dan pembelajaran jarak jauh dapat dilakukan oleh semua institusi yang berdedikasi. Penyelenggaraan pendidikan terbuka jarak jauh perlu dijadikan sebagai salah satu strategi penting yang Implementasinya dapat dilakukan bersama antar lembaga pendidikan dalam sebuah jaringan. Perpustakaan dan instrument pendidikan lainnya (guru, laboratorium) berubah fungsi menjadi sumber informasi dari pada rak buku. Kemudian, tahapan pengenalan teknologi informasi ke daerah dilakukan dengan pola cross subsidi (subsidi silang). Penggunaan perangkat teknologi informasi interaktif seperti CD room, multimedia, dalam pendidikan secara bertahap menggantikan tv dan video. Yang lebih menarik lagi, dengan adanya teknologi informasi dan internet, ilmu pengetahuan tidak lagi terpusat pada bangku sekolah formal. Seseorang akan dengan mudah memperoleh pengetahuan dari mana saja. Hal ini merupakan tantangan terakhir bagi dunia pendidikan formal. Dengan demikian dalam dunia pendidikan di masa mendatang akan terjadi beberapa perubahan paradigma mendasar, khususnya yang disebabkan oleh aplikasi teknologi informasi yang menpercepat transfer ilmu pengetahuan. Pergeseran paradigma tersebut di antarannya adalah:

           Pertama, distributed knowledge (pengetahuan yang terdistribusi), yang berarti bahwa nantinya pengetahuan tidak lagi terpusat di lembaga pendidikan formal akan tetapi terdistribusi di segala penjuru dunia, dan sangat kondusif untuk long life learning (pembelajaran sepanjang hidup ). Oleh karena itu, batasan usia tidak akan menjadi kendala lagi untuk belajar formal, masyarakat tidak akan menilai seseorang dari ijazah yang dimilikinya. Performance dan kemampuan profesional akan menentukan karir seseorang.
Kedua, resource sharing (berbagi sumber). Penjelasan untuk hal ini mencakup kemampuan untuk memproduksi informasi dan pengetahuan serta melakukan resource sharing yang bertumpu pada teknologi informasi, yang pada akhirnya akan sangat menguntungkan produsen pengetahuan dan masyarakat pada umumnya.
Ketiga, collective wisdom (kebijaksanaan kolektif). Dalam hal ini, guru tidak memiliki jawaban untuk segala hal. Guru menjadi mediator, dalam kelompok menjadi penting dalam membangun pengetahuan. Oleh karena itu, learning based (pembelajaran) lebih menonjol dari pada teaching based (pengajaran).
           Keempat, training for trainer (pelatihan) menjadi sangat penting sekali untuk tetap menjaga kemampuan dosen sebagai mediator dalam ketiga proses utama yang di emban dalam dunia pendidikan (tridharma perguruan tinggi), yaitu : pendidikan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
Kelima, masyarakat dan dunia professional yang akhirnya akan memberikan penilaian (audit dan akreditasi) terhadap kemampuan seseorang. Oleh karena itu, ijazah sekolah belum tentu menjamin kemampuan seseorang.
Keenam, proses transformasi budaya. Budaya yang lemah dan pasif akan dipengaruhi oleh budaya yang kuat dan agresif, kebiasaan membaca yang tinggi, kemampuan menyerap ilmu dan pengetahuan yang banyak dan cepat, terbukanya berbagai inovasi, bahkan selalu berusaha mencari hal-hal baru, pandangan hidup yang berdimensi lokal, nasional dan universal, mampu memprediksi dan merencanakan masa depan, teknologi yang senantiasa berkembang dan digunakan.



Berikut adalah perubahan trend dan perkembangan teknologi informasi (information technology) pada masa kini :
  • ·         Social Gaming

Dampak perkembangan Facebook yang semakin besar di tahun 2010 akan ditampilkan lebih seru melalui membesarnya pemain social game seperti Farmville dan Playfish yang ditengarai sudah melebihi pertumbuhan Twitter sekalipun. Perkembangan ini dipicu oleh munculnya penggunaan micropayment yang semakin populer dan berkembang seperti model game flash online.
  • ·         Body Motion Sensor

Kini bermain game akan lebih asyik karena akan muncul kontroller yang memanfaatkan gerakan anggota tubuh seperti badan, tangan dan kaki. Microsoft memiliki projek Natal sementara Playstation juga memiliki Motion Controller yang berfungsi sama. Sementara di PC sudah tersedia beberapa software yang memanfaatkan gerakan tubuh dengan sensor webcam.
  • ·         Augmented Reality

Perkembangan game dengan model augmented reality yang menggabungkan dunia maya dan game di dalam satu simulasi, akan lebih populer disebabkan makin tersedianya beberapa platform baru seperti Iphone yang mendukung aplikasi Augmented Reality. Selama ini AR hanya populer di desktop PC namun kini mulai merambah ke mobile gadget.
  • ·         Internet TV

Perkembangan ini akan mulai marak di tanah air di tahun 2010 tapi masih memiliki kendala mahalnya biaya untuk penggunaan umum. Namun begitu trend internet TV akan melonjak drastis di 2010 disebabkan selesainya infrastruktur Telkom yang saat ini dalam proses pembangunan. Persoalannya adalah konten yang masih harus bersaing dengan social network seperti Facebook yang cukup mengambil trafik bandwith yang tinggi.
  • ·         Mobile Payments

Sejalan dengan semakin maraknya Facebook di mobile gadget akan memicu penggunaan mobile payment di HP. Model pembayaran T-Cash menjadi contoh yang memulai trend tersebut di 2009. Pada tahun 2010 akan muncul pemain-pemain baru di bidang pembayaran mobile online ini.
  • ·         Online Application

Sudah usang menggunakan Office dengan PC Desktop dan harus terikat dengan lokasi tertentu. Di 2010, penggunaan aplikasi berbasis web dengan model Office Apps akan marak disebabkan meningkatkan bandwith yang tersedia. Di tahun 2009 masih sebagian negara yang menggunakannya dengan maksimal, perlahan-lahan trend ini akan mulai meningkat dengan cepat di Asia dan Indonesia. Contohnya adalah aplikasi Zoho.
  • ·         Cloud Computing

Seiring dengan kebutuhan aplikasi online, maka sistem cloud computing akan merambah lebih jauh di tahun 2015. Tidak hanya menjadi penyedia penyimpanan file maupun email dalam volume besar, namun sudah mulai memberikan service dalam bentuk aplikasi baik tingkat enterprise maupun individu.
Perkembangan IT yang cukup pesat tersebut harus diimbangi dengan kesdaran untuk menggunakan IT untuk kebaikan, untuk hal yang positif. Sehingga sesuai dengan fungsi IT yaitu sebagai alat komunikasi serta alat bantu manusia dalam melakukan pekerjaan dan memperoleh informasi serta berkomunikasi

Trend Teknologi Hardware di Masa Mendatang
         Di era yang semakin canggih ini, banyak sekali teknologi baru yang bermunculan dan berkembang sangat pesat. Komputer misalnya, dari tahun ke tahun selalu mengalami perubahan yang signifikan. Baik dari perubahan sistem, operasi,  input dan output hingga kapasitas dan kekuatan baterai yang bisa men-charger secara otomatis hanya dengan bantuan cahaya, baik cahaya matahari maupun cahaya dari lampu-lampu yang sering dipakai sehari-hari juga ikut ditingkatkan. Inilah yang disebut sebagai teknologi di masa depan. Karena di masa depan hal-hal yang dianggap rumit atau tidak terduga malah akan dikembangkan menjadi sebuah teknologi yang muthakir yang dapat membantu efisiensi suatu pekerjaan.
Seorang ahli komputer (Gartner) mengatkan bahwa “salah satu dari tren teknologi terbarukan adalah tren teknologi strategis. Tren ini mempunyai kegunaan dalam mengembangkan potensi yang signifikan terhadap suatu organisasi dalam tiga tahun ke depan. Faktor-faktor yang mendukung dampak signifikan tersebut adalah ; adanya potensi yang besar terhadap gangguan bisnis, penggunaan dana akhir, kebutuhan investasi yang besar, atau risiko bila terlambat untuk menanggulanginya”
Selain itu, di masa mendatang perangkat keras atau hardware pun akan mengalami perubahan yang signifikan yang dapat memberikan keuntungan bagi penggunanya. Beberapa teknologi hardware masa depan tersebut adalah :
  • Komputasi menjajal
Seiring dengan berkembangnya zaman, sekarang perangkat mobile dan wearable telah di perluas hingga menjadikannya sebagai salah satu dari cangkupan komputasi. Hal ini membuat barang elektronik yang memiliki sistem komputasi di dalamnya, bisa terhubung di ruang publik dengan bebas.
  • 3D Printing
Di era yang semakin mudah ini menjadikan pemesanan dan pengiriman printer 3D ke seluruh dunia tumbuh dari tahun ke tahun. Dalam perluasannya, industri baru dan aplikasi biomedis akan terus menunjukkan bahwa 3D printing adalah hasil yang nyata, sarana yang layak dan efektif untuk mengurangi biaya melalui peningkatan desain, efisiensi prototyping dan manufaktur jangka pendek.
  • Mesin Pintar
Proses penelitian yang mendalam terhadap pemahaman konteks dunia mesin pintar, menghasilkan bahwa kombinasi algoritma yang canggih memungkinkan sistem untuk memahami lingkungan mereka, belajar untuk dirinya sendiri, dan bertindak secara otonom. Prototipe kendaraan otonom (smart car/connected car), robot canggih, asisten virtual pribadi dan penasihat pintar (smart advisors) sudah ada dan akan berkembang dengan cepat, mengantarkan kita ke era baru yang dibantu oleh mesin. Era mesin pintar akan menjadi era yang paling disruptif dalam sejarah IT.
  • Komputasi Awan/Klien (Cloud/Client Computing)
Perkembangan cloud dan komputasi mobile akan terus mendorong pertumbuhan aplikasi terpusat yang dapat disampaikan ke perangkat lain. Cloud merupakan gaya baru scalable, baik aplikasi internal dan aplikasi eksternal yang elastis ini akan dibangun dalam kemasan baru.
Dalam waktu dekat, cloud/client di targetkan akan berada di tingkatan sinkronisasi konten dan aplikasi di beberapa perangkat. Aplikasi ini akan berkembang untuk mendukung penggunaan simultan dari beberapa perangkat.
Di masa depan, game dan aplikasi enterprise secara bersamaan akan menggunakan beberapa layar dan menggali produk wearable dan perangkat lain untuk memberikan pengalaman yang disempurnakan.
  • Web-Scale IT
Web-Scale IT adalah pola komputasi berkelas global yang memberikan kemampuan penyedia layanan cloud besar dalam pengaturan informasi teknologi perusahaan. Web-Scale IT  akan berkembang dari waktu ke waktu setelah platform hardware yang komersial telah merangkul model baru dan dioptimalkan untuk penggunaan cloud juga pendekatan yang dilakukan oleh software telah mencapai titik mainstream.
  • Keamanan Berbasis Resiko dan Pertahanan Diri
Setelah adannya pemikirin bahwa pertahanan perimeter dan firewall  sudah tidak memadai lagi, maka dalam hal ini aplikasi perlu mengambil peran lebih aktif lagi dalam pertahanan keamanan. Suatu penelitian mengakui bahwa mereka (perusahaan) dapat mulai menerapkan penilaian risiko dan alat mitigasi yang lebih canggih. Contohnya aplikasi yang didesain secara security-aware dan self-protecting yang dalam pengujian keamanannya aplikasi ini bersifat dinamis dan statis. Karena semua jalan menuju kepemimpinan digital di masa depan akan melalui proses  keamanan.
  • Sensor biometrik
Teknologi pemindai sidik jari atau mata memang sudah lama diperkenalkan di dunia teknologi terbarukan, namun dalam dunia gadget seperti smartphone baru dilakukan baru-baru ini. Integrasi sensor biometrik ini tak terbatas pada sensor sidik jari saja, banyak metode biometrik lain yang bisa digunakan.
  • Drones
Kamera yang berbentuk seperti mainan ini, ternyata akan berkembang dalam beberapa tahun kedepan. Karena fungsi dari drones ini bukan hanya untuk merekam aktivitas atau kegiatan seseorang. Namun, drones juga dapat membatu polisi dalam pencarian pesawat yang jatuh, atau alat bagi pemantauan lalu lintas saat waktu mudik tiba.
  • Baterai tanpa kabel
Terobosan baru muncul saat para ilmuan mengatakan bahwa mereka sedang mengembangkan kekuatan baterai menggunakan ilmu kimia. Yang didasarkan pada hidria logam kompleks berbasis natrium. Hal ini dapat menyebabkan harga baterai lebih murah, daya baterai ponsel lebih stabil dan lebih kuat. Sehingga pengguna tidak sering men-charger smartphone nya karena baterai mudah habis.
  • Komputer Model Pena
Model dari pada komputer ini berupa seperti pena. Jenis komputer ini dinamai sebagai P-ISM. P-ISM ini terhubung dengan menggunakan teknologi wireless yang berdekatan. Selain itu, model ini juga bisa terhubung melalui internet menggunakan fungsi telepon seluler pada I-SM ini.
Macam-Macam Teknologi Input di Masa Mendatang
Input Device atau alat masukan adalah seperangkat alat keras komputer yang berguna sebagai alat masukan untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer.
Berikut adalah teknologi input di masa mendatang :
  1. Touchpad
Touchpad digunakan sebagai pengganti mouse. Dan fungsinya juga sama seperti mouse, yaitu untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat.
Tetapi, penggunaannya menggunakan sentuhan jari (touch screen) . Selain touchpad, masih terdapat alat masukkan yang sejenis dengan mouse yaitu pointing stick dan trackbal.
  1. Lightpen
Light pen adalah alat masukan yang berfungsi sebagai pointer elektronik, digunakan untuk memodifikasi dan men-design gambar secara langsung diatas screen (monitor). Cara kerjanya menggunakan sensor yang terdapat didalam light pen yang mengirimkan sinyal cahaya ke komputer dan kemudian cahaya tersebut direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
Teknologi Output dan Perkembangan Teknologi 3D dan Multimedia
  • Teknologi Output
Teknologi terbaru charger yang diberi nama “Zola Z Thunder 4” mampu memberikan keleluasaan bagi tempat-tempat yang memiliki keterbatasan colokan listrik. Dalam teknologi ini, charger Zola Z Thunder 4 menyediakan empat buah smart output.
Maksudnya, apabila menggunakan satu kabel output yang dicolokkan ke salah satu lubang USB, maka output yang keluar menjadi 2,4 A. Apabila dua lubang tersebut digunakan maka output menjadi 1A.
  • Perkembangan Teknologi 3D dan Multimedia
Era single strip 3D film menurun, di tahun 1960-an sampai pertengahan 1980-an ini beberapa film masih diproduksi dengan menggunakan format 3D.
Era 3D meningkat, dari pertengahan tahun 1980-an sampai  awal 2000-an berbagai film 3D telah banyak diproduksi.
3D di Era sekarang, di era sekarang pembuatan film 3D dibagi menjadi 3 jenis, yaitu : live action, animasi dan konversi 2D ke 3D.
Perkembangan Multimedia
Pada tahun 1993 Satelindo menjadi sebuah  perusahaan swasta pertama yang turun ke di dunia bisnis layanan satelit, saat itu pertama kalinya mereka meluncurkan Satelit Palapa C1, lalu C2.
Pada tahun 2005, kebutuhan alat komunikasi belum begitu gencar dibutuhkan. Tetapi  kini kehadiran teknologi multimedia merupakan sebuah profesi baru yang sedang dibutuhkan pada zaman sekarang juga masa yang akan datang.
Kehadiran multimedia banyak  merubah daya pikir masyarakat yang sempit. Yang membuat masyarakat tergerak untuk menggunakan multimedia sebagai alat pelengkap dan penunjang kehidupan sehari hari dengan seiringnya perkembangan zaman digital ini.
4)     Perkembangan Teknologi Hardware Hingga Saat Ini
Perkembangan teknologi yang dinamis menjadikan komputer sebagai alat elektronik di masa depan. Hal ini karena komputer terasa penting bagi aktivitas masyarakat modern. Perkembangan komputer disebabkan oleh perkembangan microprocessor (processor) sebagai otak dalam menjalankan perintah manusia. Beberpa perkembangan processor :
  • Processos Intel :
XT 8086 – 8088
AT 286, AT 386, AT 486
Pentium I         :   AT 80586 dengan 50 Mhz, 70 Mhz, 90 Mhz, 100 Mhz, 133 Mhz
Pentium II        :   266 Mhz, 300 Mhz, 350 Mhz, 400 Mhz, 450 Mhz
Pentium III       :   500 Mhz, 550 Mhz, 600 Mhz, 650 Mhz, 700 Mhz
Pentium IV
  • Hardisk, sesuai dengan perkembangan teknologi. Kini perangkat keras ini telah berubah bentuk fisik menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung yang lebih besar.
5)     Alasan Teknologi Hardware Menjadi Trend di Masa Mendatang
Teknologi hardware akan menjajal di masa mendatang, mengapa?
Hal ini disebabkan oleh gaya hidup masyarakat dunia yang menginginkan ke-instannan juga ke-efisienan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dalam mencapai tujuan-tujuannya, tanpa harus bekerja dua kali lipat untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.
Diperkirakan bahwa kemungkinan besar masyarakat akan beralih ke jenis layanan atau konten-konten digital yang bisa mengkoordinasi kebutuhan sehari-hari dan produktivitas penggunanya. Layanan transaksi finansial dan hiburan digital adalah salah satu konten digital di masa depan. Hal ini tentu akan memudahkan aktivatas sehari-hari para penggunanya.


No comments :

Post a Comment