Sekarang ini peranan IT dalam kehidupan
manusia sudah semakin penting. Karena seiring dengan perkembangan IT tersebut
manusia banyak melakukan pekerjaannya di depan komputer maupun dengan
menggunakan handphone untuk komunikasi. Namun hal tersebut juga harus diimbangi
dengan kesadaran untuk menggunakan IT untuk kepentingan yang positif. Oleh
karena tidak sedikit juga para ahli IT yang menggunakannya untuk kejahatan.
Sehingga perkembangan IT di Indoesia sudah cukup berkembang, tetapi belum dalam
berbagai hal. Dan perlu adanya pengawasan dari pihak yang berwenang agar dampak
negatif dari IT dapat dikurangi
Masa Kini Membentuk Masa Depan
- · Aturan Undang-Undang (Kepastian Hukum)
Melindungi hak pencipta dan
penemu adalah tanggung jawab konstitusional kongres AS, tetapi sukar dipenuhi
dengan adanya pengopian digital yang akurat dan file server terdistribusi yang
beroperasi di Internet. Berbagai metode saat ini untuk mendistribusikan musik,
video, dan perangkat lunak pada CD mungkin akan digantikan dengan metode lain.
Model yang barangkali akan menjadi lebih popular adalah membayar sejumlah kecil
uang per video atau lagu. Model ini bekerja seperti kartu telepon. Anda
menyimpan uang pada rekening online, dan kapan saja anda ingin membeli sesuatu
dari pedagang yang uu-ite-minberpartisipasi, anda mengklik sebuah ikon pada
halaman Web dan harganya dikurangkan dari rekening anda.
Sebuah studi oleh National
Science Foundation pada 1999 melaporkan bahwa ilmuwan computer yang bekerja di
Amerika yang bergelar di atas sarjana, 29 persen dari mereka yang bergelar
master adalah keturunan asing, dan 39 persen yang bergelar dokter adalah
keturunan asing. Kemakmuran industri computer AS tergantung pada kemampuan
mereka untuk menarik talenta terbaik dari seluruh dunia. Salah satu factor yang
menarik orang-orang ini dating ke AS adalah perlindungan terhadap hak-hak
mereka untuk mendapat laba dari ide-ide mereka.
- · Kewirausahaan dan Modal Ventura
Kapitalis ventura akan membiayai usahawan jika mereka
mempunyai uang surplus untuk mengambil risiko dan jika mereka bersikukuh untuk
membentuk laba besar ketika mereka memahami hak usahawan. Banyak orang menilai
bahwa Microsoft menghambat pertumbuhan perusahaan-perusahaan yang baru mulai
dengan cara menyalahgunakan kepemilikan Windows-nya dan sejumlah besar uang
yang mereka peroleh dari system operasi. Banyak perusahaan kecil menciptakan
perangkat lunak khusus yang melakukan sebuah fungsi yang sangat penting. Jika
Microsoft memilih untuk menciptakan sebuah produk yang bersaing dan
memasukkannya dengan windows dengan tanpa biaya tambahan, perusahaan mereka
kepada Microsoft. Motivasi lain untuk usahawan adalah ketenaran. Thomas Edison
dan Wright bersaudara adalah penemu Amerika terkenal yang mendirikan bisnis
yang sukses.
Banyak mahasiswa yang mengambil
jurusan ilmu komputer atau rancang bangun komputer serig diberi label nerds
atau geek, tetapi mereka adalah orang-orang yang mungkin menemukan atau
merintis produk-produk yang akan membentuk basis komputer untuk pekerjaan di
masa depan. Untuk membangun ekonomi yang kuat d imasa depan dengan basis
computer, orang-orangmuda perlu didukung oleh rekan sebaya mereka dan
orang-orang lebih tua untuk mengejar berbagai minat di dalam ilmu pengetahuan
dasar, pemrograman, dan ilmu komputer.
- · Riset dan Kemakmuran Pasca_PD II
Sistem Soviet tidak bisa
menyaingi Amerika Serikat dengan sukses dan runtuh pada tahun 1990,
meninggalkan Amerika Serikat sebagai satu-satunya adikuasa. Sumber daya
domestic AS, seperti minyak yang dipakai untuk mendanai PD II dan perang
dingin, sedang berkurang, dan AS mengeluarkan uang untuk mengimpor minyak dan
barang-barang manufaktur dengan mengekspor produk dan jasa berkualitas tinggi.
Amerika Serikat memimpin dunia di bidagriset, tetapi perbedaan antaraAmerika
Serikat den Negara-negara lain semakin berkurang. Satu cara untuk mengukur
performa Negara adalah dengan memerhatikan neraca perdagangan dengan
Negara-negara lain
- · Perangkat Keras dan Perangkat Lunak
Hukum moore meramalkan kenaikan dua
kali lipat dari power computer setiap satu atau dua tahun. Para pakar di Bell
Laboratories memperkirakan bahwa batas teoritis dari transistor berbasis
silicon akan dicapai menjelang 2012. Para peneliti sedang mencari ide-ide baru
untuk membuat chip computer lebih kecil, lebih cepat, lebih kuat dengan bekerja
di tingkat molecular. Alat yang kecil ini diukur dalam nanometer, sepermiliar
meter, dan teknologi dari alat ini disebut nanoteknologi.
- · Perubahan pada Antarmuka Komputer/Masyarakat
Unit sistem dari komputer desktop
masa kini telah berubah secara dramatis, tetapi monitor, keyboard, dan mouse
tidak banyak berubah dalam 20 tahun terakhir.
Mengganti Monitor Monitor sedang
berubah dari CRT ke panel datar, tetapi gagasan yang lebih baru sedang
dikembangkan. Satu metodenya adalah memasang sebuah layer kecil pada sepasang
kaca dengan sebuah lensa yang membuat layer tampak mengapung di udara di depan
kita. Metode lain adalah membuat layer tampak mengapung di depan kita dengan
menggunakan laser low-power untuk memproyeksikan gambar secara langsung ke
retina di belakang bola mata.
Mengganti keyboard dan mouse
Belajar untuk mengetik pada sebuah keyboard adalah penghalang untuk menggunakan
computer yang sudah bersama kita sejak awal. Pengenalan suara (voice
recognition) adalah suatu teknologi yang tumbuh dengan mantap. Kemungkinan
besar pengenalan suara akan tumbuh secara signifikan dalam 10 tahun ke depan
pada titik dimana ia menjadi alternative yang sehat untuk mengetik. Teknologi
ini direpresentasikan dalam film minority report, dimana para pengguna
diurutkan melalui data dan gambar dengan mengangkat tangan mereka di udara.
Realitas virtual dan avatar jika input sensori dari
penglihatan dan sentuhan dapat dikendalikan oleh computer dan computer dapat
bereaksi terhadap tindakan-tindakan pengguna maka individu dapat berinteraksi
dengan dunia tiruan yang disebut Realitas Virtual(VR). VR telah digunakan untuk
mendesain kompartemen penumpang mobil serta untuk melatih astronot dan pilot.
- · Kecerdasan Tiruan
Ketika komputer mulai melakukan
berbagai tugas yang serupa dengan yang dilakukan oleh manusia, orang-orang
mulai ingin tahu apakah computer akan memiliki kemampuan untuk berpikir separti
manusia ataupun berpikir dalam cara yang sepenuhnya baru, yang mungkin lebih
unggul dibanding manusia. Kemampuan ini disebut Kecerdasan Tiruan (AL=artifical
intelligence). Pada 1950-an Alan Turing melakukan tes sederhana. Ia mengatakan
bahwa anda mulai dengan menempatkan seseorang pada sebuah keyboard yang
berkomunikasi dengan computer atau dengan seseorang. Jika oaring pada
keyboardartificial-intelligence tidak bisa menceritakan perbedaan antara
respons computer dan respons orang muka artinya computer telah mencapai kecerdasan.
Komputer da[at mengikuti ter Turing dan waktu singkat dan dalam lingkungan yang
sangat terbatas.
Pada tahun 1997 sebuah komputer
IBM bernama Deep Blue mengalahkan juara catur dunia, dengan menggunakan metode
yang oleh IBM dinamakan deep computing. Deep computing Institute dari IBM
menerapkan teknologi yang ia kembangkan untuk memecahkan masalah yang rumit
seperti memasangkan kru dengan penerbangan, menilai risiko asuransi, memusatkan
pencarian Web, dan membandingkan campuran tumbuhan dengan informasi genetic
untuk mengidentifikasiaplikasi potensial sebagai obat. Komputer juga mampu
menyediakannasihat untuk berbagai masalah rumit di mana mereka mengambil peran
sebagai konsultan pakar. Sistem jenis ini disebut Sistem Pakar. Program canggih
dapat juga menganalisa database yang sangat besar, mencari pola-pola yang tidak
akan tampak nyata bagi manusia oleh karena ukuran database. Menemukan pola-pola
dalam database besar disebut data mining.
Kemampuan ini menjadi bagian Al, tetapi itu hanya permulaan.
Ada beberapa factor yang membatasi pengembangan Al. Salah satunya adalah
pengetahuan manusia tidak mampu menyediakan konteks untuk terminology atau
instruksi yang rancu, dan faktor lain adalah bahwa otak manusia tidak bekerja
seperti komputer digital. Para programer computer harus bekerja keras untuk
belajar bagaimana menuliskan instruksi lengkah demi langkah yang spesifik,
disebut algoritma, untuk bekerja dengan computer. Daripada berusaha menulis
algoritma yang mengantisipasi setiap penafsiran atau konteks yang mungkin,
ilmuwan komputer justru berusaha mendekati permasalahan dengan cara seperti
yang dilakukan oleh otak manusia. Masalah mendasar pengembangan computer dengan
Al adalah otak manusia dibangun dengan cara yag berbeda dibanding computer
digital. Komputer dapat dengan lebih baik mengenali pola-pola perilaku dan
dapat digunakan untuk mendeteksi perilaku yang semestinya tidak terjadi.
Ilmuawan di laboratorium IBM mengembangkan sebuah system imun computer untuk
melawan virus, yang serupa dengan system imun manusia. Sistem imun manusia
menggunakan sel darah putih yang mengenali organisme yang bukan anggota tubuh
dan menyerang mereka. Kita mungkin mengetahui kreasi program computer yang
bertindak seperti sel darah putih, yang secara otomatis mengidentifikasikan
virus denganmengenali pola perilaku dan menyerang mereka begitu mereka muncul.
Sebuah pendekatan untuk memecahkan masalah yang sulit dilakukan oleh computer
digital adalah dengan menyusun mikroprosesor dalam sebuah jaringan dengan
koneksi ke masing-masing sama dengan cara sel saraf di dalam otak dihubungkan
ke banyak sel saraf lainnya. Pengaturan ini disebut jaringan saraf. Komputer
digital kemungkinan besar terus berkembang sesuai hokum moore untuk sedikitnya
20 tahun, sehingga ada kemungkinan bahwa mereka akan mendekati perilaku manusia
secara lebih baik, dengan menggunakan desain sirkuit digital tradisional.
- · Robot
Para penulis fiksi ilmiah pada
awalnya memimpikan mesin dengan kecerdasan tiruan yang dapat melakukan
pekerjaan manusia. Dramawan Cekoslovakia, Karel Capek, mengadaptasi kata robota
(bahasa Cekoslovakia) yang artinya pekerjaan, untuk menggambarkan mesin ini.
Kebanyakan penulis fiksi ilmiah memimpikan robot humanoid yang dapat berbicara
dan saling berinteraksi seperti manusia. Hal ini menimbulkan berbagai
pertanyaan seputar moral dan etika tentang hak-hak untuk mesin Al adalah
makhluk berbasis-silikon, yang membedkan mereka dari makhluk berbasis-karbon
seperti kita. Contoh-Contoh Meningkatnya kekuatan prosesor diharpkan terus
berlanjut untuk sedikitnya 8 tahun ke depan dengan tidakada terobosan mendasar.
Barangkali aka nada juga perubahan-perubahan pada factor lain yang memberikan
dasar bagi pertumbuhan Amerika di bidang prosesor. Memroyeksikan tren masa
lampau ke masa depan tak selalu terlepas dari kesalahan, tetapi proyeksi
seperti ini masih berguna untuk dilakukan dalam rangka membuat rencana dan
menyiapkan diri untuk perubahan yang akan datang. Disini ada beberapa contoh
tentang apa yang diharapkan pada 15 tahun berikutnya, bersama dengan beberapa
spekulasi tentang apa yang bisa terjadi dalam hidup kita.
- · Kesehatan
Komputer menyajikan kepada para
professional layanan kesehatan dengan peranti yang mempunyai kemajuan yang
mengagumkan. Kita dapat mengharapkan perubahan revolusioner di bidng biologi
dan layanan kesehatan menusia, yang menyaingi revolusi computer pada 1980-an
dan 1990-an. Mikroprosesor akan menjadi lebih kecil dan dapat ditanamkan di
dalam jantung manusia atau organ tubuh lainnya untuk memonitor dan melaporkan
beberapa jenis masalah sebelum masalah menjadi akut. Robot-robot itu dapat
menyediakan perawatan efektif untuk berbagai jenis kanker. Komputer telah
digunakan dengan laser untuk mengoreksi kornea mata untuk menghapuskan
kebutuhan akan kacamata. Komputer digunakan untuk memproses gambar dan
menyediakan penglihatan tiruan. Satu metode menggunakan sebuah retina tiruan
yang dilekatkan pada saraf optic di belakang bola mata, dan metode lain adalah
merangsang korteks visual dari otak secara langsung. Prototip kasar dari kedua
system ini telah diuji pada banyak manusia dengan hasil yang memberi harapan.
·
Militer
Angkatan Bersenjata AS sangat
menghargai nyawa tentara mereka dan mereka menggunakan teknologi kapan saja
mungkin untuk mengurangi resiko bagi personilnya. Robot digunakan untuk masuk
ke gua atau gedung untuk menemukan musuh dan membawa bahan peledak. Militer
melatih tentaranya untuk menggunakan simulator yang dioperasikan oleh computer
untuk mengurangi biaya dan meningkatkan keselamatan. Kepercayaan pada teknologi
dan penempatan nilai tinggi atas nyawa manusia membuat Angkatan Bersenjata AS
menjadi kekuatan konvensional yanh paling kuat di dunia dan membuat mereka
dapat diisi oleh para sukarelawan. Kemungkinan ini mungkin terus berlanjut
ketika kemajuan teknologi computer terus diberlakukan untuk pelatihan dan peralatan
militer.
- · Pemerintah
Pemerintah menghadapi beberapa
tantangan pada tahun-tahun yang akan datang sehubungan dengan perubahan pada
komputasi dan kapabilitas internet.
Setelah kontraversi mengenai
banyaknya kartu suara pada pemilihan presiden tahun 2000, ada momentum di balik
gagasan untuk melakukan pemungutan suara online.
Lembaga penegak hukum mungkin
dapat mengambil lebih banyak keuntungan dari tes DNA dan biometrik U S Patriot
Act akan diberlakukan penuh, dan berbagai dabase akan digabungkan bersama untuk
profile individu, akibatnya adalah pricasi manjadi lebih sedikit.
Penggunaan dabase computer dan
analisis DNA terkomputerisasi akan mengubah asumsi dasar mengenai asuransi
kesehatan dengan mengidentifikasi lebih dahulu siapa yang akan sakit atau mati Sistem
de facto dari system nomor ID nasional kemungkinanbesar akan muncul. Sistem
dapat menggunakan nomor jaminan social atau angka-angka yang mencerminkan
bagian unik urutan DNA seseorang.
Jika serangan teroris ke
kota-kota besar dengan menggunakan senjata pemusnah missal berhasil dilakukan,
mungkin lebih banyak orang yang akan pindah dari kota besar ke pinggir kota dan
menggunakan telecommuting dan telekonferensi untuk aktivitas kerja sehari-hari.
Perkembangan teknologi informasi
saat ini sangat pesat, khususnya teknologi komputer sudah banyak mempengaruhi
sebagian besar dalam dunia usaha. Hal ini dapat dilihat dengan semakin
banyaknya penggunaan komputer sebagian alat bantu dalam menyimpan dan mengolah
data-data dalam suatu dunia usaha. Informasi adalah data yang telah diolah
menjadi suatu bentuk yang penting dan mempunyai nilai yang nyata atau yang
dapat digunakan dalam pengambilan keputusan yang sekarang maupun pengambilan
keputusan pada waktu yang akan datang.
Pergi bekerja dari rumah ke kantor dengan cara terbang
menggunakan roket di punggung mungkin akan terjadi pada tahun 2030. Itulah
perkiraan yang disampaikan oleh seorang panelis pada Diskusi ”Sewindu Reformasi
Mencari Visi Indonesia 2030”. Tidak hanya orang, mobil pun bisa terbang.
Dahsyat dan menakjubkan bisnis-online1jika hal itu benar-benar terjadi nanti.
Mereka-reka apa yang akan terjadi di Indonesia 25 tahun yang akan datang memang
tidak mudah karena itu menyangkut perjalanan bangsa Indonesia dan umat manusia
di dunia dalam satu generasi. Bukan tidak mungkin nanti robot akan memiliki
perasaan seperti manusia melalui rekayasa DNA. Sebaliknya, sebagian perangkat
tubuh manusia akan ditambah dengan peralatan robot. Misalnya, pada sebagian
tangan atau kaki manusia nanti ada perangkat robotnya sehingga dapat memiliki
tenaga ekstra untuk bekerja atau berkarya melebihi manusia yang hidup pada
zaman sekarang.Tidak hanya itu. Sangat boleh jadi nanti manusia bisa melihat kehidupan
masyarakat di masa depan setelah ”dikirim” melalui perangkat yang disebut
lorong waktu (time tunnel) sehingga bisa mengetahui atau bahkan bisa mencegah
kemungkinan hal-hal yang bisa membinasakan kehidupan umat manusia di masa
datang. Jika kita membayangkan itu semua, sepintas mungkin seperti mimpi atau
sama seperti kita menyaksikan film-film fiksi sains di layar kaca atau
bioskop.Namun, hal itu sangat mungkin terjadi melalui revolusi teknologi dan
bioteknologi. Sebaliknya, jika kita melihat kondisi Indonesia sekarang, yang
kita saksikan adalah arus deras masuknya barang-barang dan perangkat teknologi
impor. Sebagian dari kita merasa bingung dan terkaget-kaget pada perkembangan
teknologi itu. Namun, sebagian lagi merasa tertantang oleh arus masuk teknologi
modern dalam ranah kehidupan kita sehari-hari. Sebagai pengguna, adakalanya
sebagian dari kita gagap dan bingung menghadapi perkembangan teknologi yang
berlangsung cepat ini. Contohnya, ketika sejumlah menteri pada Kabinet
Indonesia Bersatu dilengkapi dengan alat kerja canggih untuk dapat mengirim dan
menerima surat elektronik melalui sebuah gadget, sebagian di antara mereka ada
yang gagap teknologi atau gaptek. Kalau di antara penentu kebijakan masih ada
yang lack of technology (kurang paham teknologi), sangat bisa dimaklumi kalau
masyarakat pada umumnya juga kesulitan untuk dapat menerima teknologi baru.
Bagi sebagian orang, cara berkomunikasi seolah dianggap baru sempurna kalau
dilakukan secara lisan dengan bertatap muka secara langsung. Demikian pula
dalam cara kita bekerja, adakalanya pergi ke kantor merupakan suatu keharusan.
Padahal, di era serba cepat seperti sekarang, pekerjaan selayaknya berorientasi
pada memaksimalkan output (hasil). pekerjaan tertentu, tidak mutlak lagi harus
dikerjakan di kantor, tetapi bisa juga dikerjakan di rumah. Oleh karena itu,
akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah small office home office (SOHO).
Di era serba teknologi seperti sekarang, cara berkomunikasi dan melakukan
transaksi bisnis yang efektif tidak selalu harus melalui cara bertatap muka
meskipun hal itu bisa menimbulkan gugatan dari aspek budaya. Seperti kita
ketahui, pada tahun 1990-an, transaksi perbankan masih dilakukan secara
konvensional, di mana nasabah yang hendak mentransfer uang masih harus
mendatangi kantor bank dan bertemu langsung dengan customer service. Kalau
banyak yang akan melakukan transaksi, para nasabah harus bersabar untuk antre.
Kondisi ini tentu saja sangat menyita waktu dan sering menjengkelkan.Namun,
kini, transaksi perbankan sudah bisa dilakukan dalam waktu cepat melalui
internet banking. Melalui sentuhan tangan di keyboard komputer yang terhubung
ke jaringan internet atau melalui smartphone, sekarang nasabah sudah bisa
melakukan transaksi perbankan dari mana dan kapan saja. Perkembangan teknologi
informasi mampu mengatasi dimensi waktu, ruang, dan jarak. Jaringan komunikasi
yang berkembang demikian pesat telah banyak membantu umat manusia dan sejumlah
perusahaan di jagat raya ini untuk saling berinteraksi dan melakukan transaksi
bisnis satu sama lain. Proses pengiriman berita dari atas pesawat kepresidenan
yang sedang mengisi bahan bakar di Bandara Hongkong bisa dilakukan penulis
dalam waktu relatif singkat melalui sebuah gadget, ketika mengikuti rombongan
Presiden Abdurrahman Wahid pada tahun 2001.Perkembangan teknologi informasi
telah mengubah cara pandang dan perilaku orang dalam kehidupan sehari-hari.
Selain itu juga bisa mengubah mekanisme kerja sebuah perusahaan. Adakalanya perkembangan
teknologi informasi yang berlangsung dengan cepat bisa melampaui perkembangan
perusahaan itu sendiri.Oleh karena itu, perusahaan yang lambat dalam mengikut
perkembangan teknologi bisa jadi akan tersisih dari dinamika masyarakat dan
kemungkinan bisa kalah dalam persaingan usaha. Saat ini jaringan internet
relatif sudah memasyarakat meskipun di Indonesia masih terbilang mahal untuk
bisa memakai internet, bila dibandingkan dengan di negara maju.
Java Teknologi Masa Depan
Mungkin sebagian dari kita masih
belum familiar dengan istilah Java, padahal tanpa disadari, kebanyakan aplikasi
yang berjalan di handphone, terutama game yang dipakai sehari-hari adalah salah
satu hasil dari aplikasi Java. Disamping itu, keunggulan lain yang dimiliki
oleh java adalah multi platform, artinya setiap aplikasi yang kita bangun
menggunakan bahasa Pemrograman Java, maka akan berjalan dengan baik pada sistem
operasi apa saja, bisa di sistem operasi Windows, Linux, Unix dan lain-lain.
Sebuah keunggulan yang tidak dimiliki oleh bahasa pemrograman yang lain,
sehingga tidak heran kalau bahasa pemrograman Java di kenal dengan istilah ”Create
once, run anywhere”Lalu, kenapa Java di katakan sebagai teknologi masa depan
adalah karena flesbilitas dan kemudahan menggunakannya serta mampu mencakup
keseluruhan aspek pemrograman yang dibutuhkan di masa depan, yaitu :
Dengan Java kita mampu membangun
aplikasi yang berbasis server (website misalnya), teknologi ini disebut dengan
J2SE (Java versi 2 Standard Edition)
Dengan Java kita mampu membangun
aplikasi berbasis Teks maupun Grafik (Graphical User Interface), teknologi ini
disebut dengan J2EE (Java versi 2 Enterprise Edition).
Dengan Java kita mampu membangun
aplikasi berbasis Mobile, sehingga bisa jalan di Handphone, teknologi ini
disebut dengan J2ME (Java versi 2 Micro Edition).
Java adalah sebuah teknologi
dalam bidang pemrograman dan multi platform yang diprakarsai oleh Sun
Microsystem dari sebuah proyek yang bernama The Green Project, yang berjalan
selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut
belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek ini dimotori oleh Patrick
Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram
lainnya dari Sun Microsystems. Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke
yang dibuat oleh Joe Palrang. Pertemuan proyek berlangsung di sebuah gedung perkantoran
Sand Hill Road di Menlo Park.Sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup dengan
menghasilkan sebuah program Java Oak pertama, yang ditujukan sebagai pengendali
sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch screen), seperti pada PDA
sekarang ini. Teknologi baru ini dinamai “*7″ (Star Seven). Setelah era Star
Seven selesai, sebuah anak perusahaan TV kabel tertarik ditambah beberapa orang
dari proyek The Green Project. Mereka memusatkan kegiatannya pada sebuah
ruangan kantor di 100 Hamilton Avenue, Palo Alto.Perusahaan baru ini bertambah maju:
jumlah karyawan meningkat dalam waktu singkat dari 13 menjadi 70 orang. Pada
rentang waktu ini juga ditetapkan pemakaian Internet sebagai medium yang
menjembatani kerja dan ide di antara mereka. Pada awal tahun 1990-an, Internet
masih merupakan rintisan, yang dipakai hanya di kalangan akademisi dan militer.
Mereka menjadikan perambah (browser) Mosaic sebagai landasan awal untuk membuat
perambah Java pertama yang dinamai Web Runner, terinsipirasi dari film 1980-an,
Blade Runner. Pada perkembangan rilis pertama, Web Runner berganti nama menjadi
Hot Java. Pada sekitar bulan Maret 1995, untuk pertama kali kode sumber Java
versi 1.0a2 dibuka Kesuksesan mereka diikuti dengan pemberitaan pertama kali
pada surat kabar San Jose Mercury News pada tanggal 23 Mei 1995. Tiga dari
pimpinan utama proyek, Eric Schmidt dan George Paolini dari Sun Microsystems
bersama Marc Andreessen, membentuk Netscape. Nama Oak, diambil dari pohon oak
yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja “bapak java”, James Gosling. Nama
Oak ini tidak dipakai untuk versi release Java karena sebuah perangkat lunak
sudah terdaftar dengan merek dagang tersebut, sehingga diambil nama penggantinya
menjadi “Java”. Nama ini diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari
biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling.Begitulah sekilas munculnya teknologi
pemrograman Java ini, yang sepintas juga identik dengan salah satu daerah di
Indonesia, yaitu Jawa, dan beberapa aplikasi yang dibangun oleh komunitas Java
diseluruh dunia menggunakan istilah-istilah yang terkait dengan indonesia,
misalnya Jakarta Tomcat (server untuk java), Gamelan, dan lain sebagainya.
Sekarang teknologi dan bahasa pemrograman Java bersifat Open
Source dan dikembangkan oleh banyak komunitas yang ada didunia, maka sudah
sepantasnya mulai sekarang kita beralih untuk mempelajari dan menikmati
keunggulan Java ini.Keunggulan-keunggulan dan prospek pengembangan Java di masa
depan inilah yang membuat Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Depatemen
Pendidikan Nasional Republik Indonesia (BP-KLN RI) mewajibkan kepada seluruh
lulusan Program Kelas D.III Teknisi Komputer dan Jaringan yang ada diseluruh
Indonesia untuk mendapatkan sertifikasi Java sebagai standar kelulusannya. Oleh
karena itu dibentuk sebuah badan yang diberi nama JENI (Java Educational
Network Indonesia) yang berwenang untuk memberi sertifikasi standar kelulusan
atas penguasaan Java.
Teknologi Masa Depan Dalam Dunia
Pendidikan
Revolusi informasi telah mengubah
sistem komunikasi dunia dewasa ini, sebaran jaringan informasi yang tersimpan
dalam internet membuktikan bahwa kini dunia kian sempit, tidak ada lagi
batas-batas geografis yang menghalangi kita untuk berinteraksi dengan dunia
global. Akses ke dunia global pun menjadi sangat mudah, efisien, dan fleksibel.
Kemudahan itu merupakan salah satu manfaat yang didapatkan dari globalisasi
yang melibatkan integrasi di berbagai bidang di antarannya pendidikan dan
teknologi. Sumbangsih pemikiran dari dunia pendidikan telah melahirkan
modernisasi di segala bidang kehidupan masyarakat dunia saat ini. Berhubungan
dengan hal itu, kehadiran teknologi telah meningkatkan kualitas dan keampuhan
pendidikan itu sendiri. sebagaimana empat pilar pendidikan yang di cetuskan
oleh Unesco antara lain learning to know,learning to do,learning to be, dan
learning together. Imbas globalisasi yang merasuki segala lini kehidupan bangsa
di seluruh dunia telah melahirkan berbagai pandangan berperspektif baru.
Sebagai contoh, apabila pada masa sebelum ini atau era perang dingin,
perspektif dunia adalah pemihakan blok, Blok barat atau Blok timur, maka
perspektif dunia pada era globalisasi adalah integrasi; dan sistem dunia pun
dilambangkan dengan World Wide Web (WWW), yang mudah dijumpai di dalam
penulisan alamat situs internet. Arus globalisasi telah memunculkan perspektif
baru pendidikan. Strategi pendidikan dari pendidikan tatap muka yang
konvensional kini berubah ke arah pendidikan yang lebih terbuka. Pendidikan di
masa depan akan lebih dioptimalkan olehteknologi-pendidikan jaringan informasi
yang memungkinkan interaksi dan kolaborasi. Pemanfaatan jaringan informasi
sudah terbukti keutamaan serta benefitnya bagi masyarakat. Dengan demikian,
masuknya pengaruh globalisasi telah mengubah pendidikan kita sehingga lebih bersifat
jejaring, terbuka dan interaktif, beragam, multidisiplin, serta berorientasi
produktivitas kerja “saat itu juga” just on time dan kompetitif.
Perkembangan Pendidikan Masa Depan
Kecenderungan pendidikan
Indonesia di masa mendatang adalah makin berkembangnya pendidikan terbuka
dengan modus pembeelajaran jarak jauh (distance learning). Saat ini distance
learning masih dibatasi untuk universitas terbuka (UT). Oleh karena itu, izin
penyelenggaraan pendidikan jarak jauh perlu diubah supaya kerja sama
internasional dan pembelajaran jarak jauh dapat dilakukan oleh semua institusi
yang berdedikasi. Penyelenggaraan pendidikan terbuka jarak jauh perlu dijadikan
sebagai salah satu strategi penting yang Implementasinya dapat dilakukan
bersama antar lembaga pendidikan dalam sebuah jaringan. Perpustakaan dan
instrument pendidikan lainnya (guru, laboratorium) berubah fungsi menjadi sumber
informasi dari pada rak buku. Kemudian, tahapan pengenalan teknologi informasi
ke daerah dilakukan dengan pola cross subsidi (subsidi silang). Penggunaan
perangkat teknologi informasi interaktif seperti CD room, multimedia, dalam
pendidikan secara bertahap menggantikan tv dan video. Yang lebih menarik lagi,
dengan adanya teknologi informasi dan internet, ilmu pengetahuan tidak lagi
terpusat pada bangku sekolah formal. Seseorang akan dengan mudah memperoleh
pengetahuan dari mana saja. Hal ini merupakan tantangan terakhir bagi dunia
pendidikan formal. Dengan demikian dalam dunia pendidikan di masa mendatang
akan terjadi beberapa perubahan paradigma mendasar, khususnya yang disebabkan
oleh aplikasi teknologi informasi yang menpercepat transfer ilmu pengetahuan.
Pergeseran paradigma tersebut di antarannya adalah:
Pertama, distributed knowledge (pengetahuan yang
terdistribusi), yang berarti bahwa nantinya pengetahuan tidak lagi terpusat di
lembaga pendidikan formal akan tetapi terdistribusi di segala penjuru dunia,
dan sangat kondusif untuk long life learning (pembelajaran sepanjang hidup ).
Oleh karena itu, batasan usia tidak akan menjadi kendala lagi untuk belajar
formal, masyarakat tidak akan menilai seseorang dari ijazah yang dimilikinya.
Performance dan kemampuan profesional akan menentukan karir seseorang.
Kedua, resource sharing (berbagi
sumber). Penjelasan untuk hal ini mencakup kemampuan untuk memproduksi
informasi dan pengetahuan serta melakukan resource sharing yang bertumpu pada
teknologi informasi, yang pada akhirnya akan sangat menguntungkan produsen
pengetahuan dan masyarakat pada umumnya.
Ketiga, collective wisdom
(kebijaksanaan kolektif). Dalam hal ini, guru tidak memiliki jawaban untuk
segala hal. Guru menjadi mediator, dalam kelompok menjadi penting dalam
membangun pengetahuan. Oleh karena itu, learning based (pembelajaran) lebih
menonjol dari pada teaching based (pengajaran).
Kelima, masyarakat dan dunia
professional yang akhirnya akan memberikan penilaian (audit dan akreditasi)
terhadap kemampuan seseorang. Oleh karena itu, ijazah sekolah belum tentu
menjamin kemampuan seseorang.
Keenam, proses transformasi
budaya. Budaya yang lemah dan pasif akan dipengaruhi oleh budaya yang kuat dan
agresif, kebiasaan membaca yang tinggi, kemampuan menyerap ilmu dan pengetahuan
yang banyak dan cepat, terbukanya berbagai inovasi, bahkan selalu berusaha
mencari hal-hal baru, pandangan hidup yang berdimensi lokal, nasional dan
universal, mampu memprediksi dan merencanakan masa depan, teknologi yang
senantiasa berkembang dan digunakan.
Berikut adalah perubahan trend dan perkembangan teknologi
informasi (information technology) pada masa kini :
- · Social Gaming
Dampak perkembangan Facebook yang
semakin besar di tahun 2010 akan ditampilkan lebih seru melalui membesarnya
pemain social game seperti Farmville dan Playfish yang ditengarai sudah
melebihi pertumbuhan Twitter sekalipun. Perkembangan ini dipicu oleh munculnya
penggunaan micropayment yang semakin populer dan berkembang seperti model game
flash online.
- · Body Motion Sensor
Kini bermain game akan lebih
asyik karena akan muncul kontroller yang memanfaatkan gerakan anggota tubuh
seperti badan, tangan dan kaki. Microsoft memiliki projek Natal sementara
Playstation juga memiliki Motion Controller yang berfungsi sama. Sementara di
PC sudah tersedia beberapa software yang memanfaatkan gerakan tubuh dengan
sensor webcam.
- · Augmented Reality
Perkembangan game dengan model
augmented reality yang menggabungkan dunia maya dan game di dalam satu
simulasi, akan lebih populer disebabkan makin tersedianya beberapa platform
baru seperti Iphone yang mendukung aplikasi Augmented Reality. Selama ini AR
hanya populer di desktop PC namun kini mulai merambah ke mobile gadget.
- · Internet TV
Perkembangan ini akan mulai marak
di tanah air di tahun 2010 tapi masih memiliki kendala mahalnya biaya untuk
penggunaan umum. Namun begitu trend internet TV akan melonjak drastis di 2010
disebabkan selesainya infrastruktur Telkom yang saat ini dalam proses
pembangunan. Persoalannya adalah konten yang masih harus bersaing dengan social
network seperti Facebook yang cukup mengambil trafik bandwith yang tinggi.
- · Mobile Payments
Sejalan dengan semakin maraknya
Facebook di mobile gadget akan memicu penggunaan mobile payment di HP. Model
pembayaran T-Cash menjadi contoh yang memulai trend tersebut di 2009. Pada
tahun 2010 akan muncul pemain-pemain baru di bidang pembayaran mobile online
ini.
- · Online Application
Sudah usang menggunakan Office
dengan PC Desktop dan harus terikat dengan lokasi tertentu. Di 2010, penggunaan
aplikasi berbasis web dengan model Office Apps akan marak disebabkan
meningkatkan bandwith yang tersedia. Di tahun 2009 masih sebagian negara yang
menggunakannya dengan maksimal, perlahan-lahan trend ini akan mulai meningkat
dengan cepat di Asia dan Indonesia. Contohnya adalah aplikasi Zoho.
- · Cloud Computing
Seiring dengan kebutuhan aplikasi online, maka sistem cloud
computing akan merambah lebih jauh di tahun 2015. Tidak hanya menjadi penyedia
penyimpanan file maupun email dalam volume besar, namun sudah mulai memberikan
service dalam bentuk aplikasi baik tingkat enterprise maupun individu.
Perkembangan IT yang cukup pesat tersebut harus diimbangi
dengan kesdaran untuk menggunakan IT untuk kebaikan, untuk hal yang positif.
Sehingga sesuai dengan fungsi IT yaitu sebagai alat komunikasi serta alat bantu
manusia dalam melakukan pekerjaan dan memperoleh informasi serta berkomunikasi
Trend Teknologi
Hardware di Masa Mendatang
Di era yang semakin
canggih ini, banyak sekali teknologi baru yang bermunculan dan berkembang
sangat pesat. Komputer misalnya, dari tahun ke tahun selalu mengalami perubahan
yang signifikan. Baik dari perubahan sistem, operasi, input dan output
hingga kapasitas dan kekuatan baterai yang bisa men-charger secara otomatis hanya
dengan bantuan cahaya, baik cahaya matahari maupun cahaya dari lampu-lampu yang
sering dipakai sehari-hari juga ikut ditingkatkan. Inilah yang disebut sebagai
teknologi di masa depan. Karena di masa depan hal-hal yang dianggap rumit atau
tidak terduga malah akan dikembangkan menjadi sebuah teknologi yang muthakir
yang dapat membantu efisiensi suatu pekerjaan.
Seorang ahli komputer
(Gartner) mengatkan bahwa “salah satu dari tren teknologi terbarukan adalah
tren teknologi strategis. Tren ini mempunyai kegunaan dalam mengembangkan
potensi yang signifikan terhadap suatu organisasi dalam tiga tahun ke depan.
Faktor-faktor yang mendukung dampak signifikan tersebut adalah ; adanya potensi
yang besar terhadap gangguan bisnis, penggunaan dana akhir, kebutuhan investasi
yang besar, atau risiko bila terlambat untuk menanggulanginya”
Selain itu, di masa
mendatang perangkat keras atau hardware pun akan mengalami perubahan yang
signifikan yang dapat memberikan keuntungan bagi penggunanya. Beberapa
teknologi hardware masa depan tersebut adalah :
- Komputasi menjajal
Seiring dengan
berkembangnya zaman, sekarang perangkat mobile dan wearable telah di perluas
hingga menjadikannya sebagai salah satu dari cangkupan komputasi. Hal ini
membuat barang elektronik yang memiliki sistem komputasi di dalamnya, bisa
terhubung di ruang publik dengan bebas.
- 3D Printing
Di era yang semakin
mudah ini menjadikan pemesanan dan pengiriman printer 3D ke seluruh dunia
tumbuh dari tahun ke tahun. Dalam perluasannya, industri baru dan aplikasi biomedis
akan terus menunjukkan bahwa 3D printing adalah hasil yang nyata, sarana yang
layak dan efektif untuk mengurangi biaya melalui peningkatan desain, efisiensi
prototyping dan manufaktur jangka pendek.
- Mesin Pintar
Proses penelitian yang
mendalam terhadap pemahaman konteks dunia mesin pintar, menghasilkan bahwa
kombinasi algoritma yang canggih memungkinkan sistem untuk memahami lingkungan
mereka, belajar untuk dirinya sendiri, dan bertindak secara otonom. Prototipe
kendaraan otonom (smart car/connected car), robot canggih, asisten virtual
pribadi dan penasihat pintar (smart advisors) sudah ada dan akan berkembang
dengan cepat, mengantarkan kita ke era baru yang dibantu oleh mesin. Era mesin
pintar akan menjadi era yang paling disruptif dalam sejarah IT.
- Komputasi Awan/Klien (Cloud/Client Computing)
Perkembangan cloud dan
komputasi mobile akan terus mendorong pertumbuhan aplikasi terpusat yang dapat
disampaikan ke perangkat lain. Cloud merupakan gaya baru scalable, baik
aplikasi internal dan aplikasi eksternal yang elastis ini akan dibangun dalam
kemasan baru.
Dalam waktu dekat,
cloud/client di targetkan akan berada di tingkatan sinkronisasi konten dan
aplikasi di beberapa perangkat. Aplikasi ini akan berkembang untuk mendukung
penggunaan simultan dari beberapa perangkat.
Di masa depan, game
dan aplikasi enterprise secara bersamaan akan menggunakan beberapa layar dan
menggali produk wearable dan perangkat lain untuk memberikan pengalaman yang
disempurnakan.
- Web-Scale IT
Web-Scale IT adalah
pola komputasi berkelas global yang memberikan kemampuan penyedia layanan cloud
besar dalam pengaturan informasi teknologi perusahaan. Web-Scale IT akan
berkembang dari waktu ke waktu setelah platform hardware yang komersial telah
merangkul model baru dan dioptimalkan untuk penggunaan cloud juga pendekatan
yang dilakukan oleh software telah mencapai titik mainstream.
- Keamanan Berbasis Resiko dan Pertahanan Diri
Setelah adannya
pemikirin bahwa pertahanan perimeter dan firewall sudah tidak memadai
lagi, maka dalam hal ini aplikasi perlu mengambil peran lebih aktif lagi dalam
pertahanan keamanan. Suatu penelitian mengakui bahwa mereka (perusahaan) dapat
mulai menerapkan penilaian risiko dan alat mitigasi yang lebih canggih.
Contohnya aplikasi yang didesain secara security-aware dan self-protecting yang
dalam pengujian keamanannya aplikasi ini bersifat dinamis dan statis. Karena
semua jalan menuju kepemimpinan digital di masa depan akan melalui proses
keamanan.
- Sensor biometrik
Teknologi pemindai
sidik jari atau mata memang sudah lama diperkenalkan di dunia teknologi
terbarukan, namun dalam dunia gadget seperti smartphone baru dilakukan
baru-baru ini. Integrasi sensor biometrik ini tak terbatas pada sensor sidik
jari saja, banyak metode biometrik lain yang bisa digunakan.
- Drones
Kamera yang berbentuk
seperti mainan ini, ternyata akan berkembang dalam beberapa tahun kedepan.
Karena fungsi dari drones ini bukan hanya untuk merekam aktivitas atau kegiatan
seseorang. Namun, drones juga dapat membatu polisi dalam pencarian pesawat yang
jatuh, atau alat bagi pemantauan lalu lintas saat waktu mudik tiba.
- Baterai tanpa kabel
Terobosan baru muncul
saat para ilmuan mengatakan bahwa mereka sedang mengembangkan kekuatan baterai
menggunakan ilmu kimia. Yang didasarkan pada hidria logam kompleks berbasis
natrium. Hal ini dapat menyebabkan harga baterai lebih murah, daya baterai
ponsel lebih stabil dan lebih kuat. Sehingga pengguna tidak sering men-charger
smartphone nya karena baterai mudah habis.
- Komputer Model Pena
Model dari pada
komputer ini berupa seperti pena. Jenis komputer ini dinamai sebagai P-ISM.
P-ISM ini terhubung dengan menggunakan teknologi wireless yang berdekatan.
Selain itu, model ini juga bisa terhubung melalui internet menggunakan fungsi
telepon seluler pada I-SM ini.
Macam-Macam Teknologi
Input di Masa Mendatang
Input Device atau alat
masukan adalah seperangkat alat keras komputer yang berguna sebagai alat
masukan untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer.
Berikut adalah teknologi
input di masa mendatang :
- Touchpad
Touchpad digunakan
sebagai pengganti mouse. Dan fungsinya juga sama seperti mouse, yaitu untuk
perpindahan pointer atau kursor secara cepat.
Tetapi, penggunaannya menggunakan sentuhan jari (touch screen) . Selain touchpad, masih terdapat alat masukkan yang sejenis dengan mouse yaitu pointing stick dan trackbal.
Tetapi, penggunaannya menggunakan sentuhan jari (touch screen) . Selain touchpad, masih terdapat alat masukkan yang sejenis dengan mouse yaitu pointing stick dan trackbal.
- Lightpen
Light pen adalah alat
masukan yang berfungsi sebagai pointer elektronik, digunakan untuk memodifikasi
dan men-design gambar secara langsung diatas screen (monitor). Cara kerjanya
menggunakan sensor yang terdapat didalam light pen yang mengirimkan sinyal cahaya
ke komputer dan kemudian cahaya tersebut direkam, dimana layar monitor bekerja
dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
Teknologi Output dan
Perkembangan Teknologi 3D dan Multimedia
- Teknologi Output
Teknologi
terbaru charger yang diberi nama “Zola Z Thunder 4” mampu memberikan
keleluasaan bagi tempat-tempat yang memiliki keterbatasan colokan listrik.
Dalam teknologi ini, charger Zola Z Thunder 4 menyediakan empat buah smart
output.
Maksudnya, apabila
menggunakan satu kabel output yang dicolokkan
ke salah satu lubang USB, maka output yang
keluar menjadi 2,4 A. Apabila dua lubang tersebut digunakan
maka output menjadi 1A.
- Perkembangan Teknologi 3D dan Multimedia
Era single strip 3D
film menurun, di tahun 1960-an sampai pertengahan 1980-an ini beberapa film
masih diproduksi dengan menggunakan format 3D.
Era 3D meningkat, dari
pertengahan tahun 1980-an sampai awal 2000-an berbagai film 3D telah
banyak diproduksi.
3D di Era sekarang, di
era sekarang pembuatan film 3D dibagi menjadi 3 jenis, yaitu : live action,
animasi dan konversi 2D ke 3D.
Perkembangan
Multimedia
Pada tahun 1993
Satelindo menjadi sebuah perusahaan swasta pertama yang turun ke di dunia
bisnis layanan satelit, saat itu pertama kalinya mereka meluncurkan Satelit Palapa
C1, lalu C2.
Pada tahun 2005,
kebutuhan alat komunikasi belum begitu gencar dibutuhkan. Tetapi kini
kehadiran teknologi multimedia merupakan sebuah profesi baru yang sedang
dibutuhkan pada zaman sekarang juga masa yang akan datang.
Kehadiran multimedia
banyak merubah daya pikir masyarakat yang sempit. Yang membuat masyarakat
tergerak untuk menggunakan multimedia sebagai alat pelengkap dan penunjang
kehidupan sehari hari dengan seiringnya perkembangan zaman digital ini.
4) Perkembangan
Teknologi Hardware Hingga Saat Ini
Perkembangan teknologi
yang dinamis menjadikan komputer sebagai alat elektronik di masa depan. Hal ini
karena komputer terasa penting bagi aktivitas masyarakat modern. Perkembangan
komputer disebabkan oleh perkembangan microprocessor (processor) sebagai otak
dalam menjalankan perintah manusia. Beberpa perkembangan processor :
- Processos Intel :
XT 8086 – 8088
AT 286, AT 386, AT 486
Pentium
I : AT 80586 dengan
50 Mhz, 70 Mhz, 90 Mhz, 100 Mhz, 133 Mhz
Pentium
II : 266 Mhz, 300 Mhz,
350 Mhz, 400 Mhz, 450 Mhz
Pentium III
: 500 Mhz, 550 Mhz, 600 Mhz, 650
Mhz, 700 Mhz
Pentium IV
- Hardisk, sesuai dengan perkembangan teknologi.
Kini perangkat keras ini telah berubah bentuk fisik menjadi semakin tipis
dan kecil namun memiliki daya tampung yang lebih besar.
5) Alasan
Teknologi Hardware Menjadi Trend di Masa Mendatang
Teknologi hardware
akan menjajal di masa mendatang, mengapa?
Hal ini disebabkan
oleh gaya hidup masyarakat dunia yang menginginkan ke-instannan juga
ke-efisienan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dalam mencapai tujuan-tujuannya,
tanpa harus bekerja dua kali lipat untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.
Diperkirakan bahwa
kemungkinan besar masyarakat akan beralih ke jenis layanan atau konten-konten
digital yang bisa mengkoordinasi kebutuhan sehari-hari dan produktivitas
penggunanya. Layanan transaksi finansial dan hiburan digital adalah salah satu
konten digital di masa depan. Hal ini tentu akan memudahkan aktivatas
sehari-hari para penggunanya.
No comments :
Post a Comment