Perkembangan Sistem Informasi
Manusia mulai mempertukarkan
informasi sejak dahulu kala, sekitar 3000 tahun sebelum masehi atau jik
dihitung sudah lebih dari 5000 tahun yang lalu. Cara mempertukarkan informasi
itu adalah dengan menuliskannya pada batu, kayu, papirus atau tanah liat. Awal
sejarah perkembangan sistem informasi dimulai dari sini. Tanpa langkah yang
dilakukan oleh manusia kuno ini, tidak akan ada perangkat teknologi canggih
seperti komputer dan telepon seluler. Ada empat tahapan yang dilalui dalam
perkembangan komunikasi dan informasi,diantaranya dapat kami jabarkan dibawah
ini.
Periode pertama: (Pra Mekanik)
Pada
periode ini, komunikasi menggunakan simbol untuk menyampaikan informasi. Pada
tahun 3000-2000 sebelum masehi, manusia menggunakan gambar juga untuk
menyampaikan pesan. Contohnya adalah bangsa Fenisia yang mendiami Timur Tengah
(saat ini Lebanon) menciptakan model yang sama. Bangsa Yunani Kuno mengadaptasi
simbol milik bangsa Fenisia dengan menambahkan huruf vokal yang membuatnya mudah
digunakan. Bangsa Romawi Kuno kemudian memakainya juga, yang mana saat ini
menjadi alfabet yang kita kenal dan gunakan saat ini. Pembuatan buku dari
papirus yang dilekatkan dimulai pada tahun 600 sebelum masehi. Pada awalnya
hanya pemuka agama dan pemimpin yang memiliki koleksi buku. Setelah itu ada
bangsa Mesir Kuno yang menciptakan sistem angka, sehingga juga mengarahkan pada
penemuan alat bantu hitung yang disebut abakus.
Periode kedua: (Mekanik)
Masa ini
termasuk dalam masa abad pertengahan. Dimana orang sudah menggunakan peralatan
untuk menyimpan, mengolah dan merekam informasi. Salah satu penemuan terpenting
dalam masa ini adalah mesin cetak Gutenburg dari Jerman. Penyampaian informasi
menjadi lebih mudah dikarenakan mesin cetak dapat memproduksi tulisan yang sama
dalam jumlah besar. Pada tahun 1600, komputer atau mesin hitung pertama kali
diciptakan oleh Blaise Pascal. Komputer ini disebut sebagai Pascaline dan
dianggap sebagai titik awal mesin menggantikan otak manusia dalam menghitung
data.
Periode ketiga: (Elektromekanik)
Pada masa
ini, penggunaan listrik untuk memberikan energi untuk menjalankan penemuan
mesin sesudah Pascaline terus ditemukan. Pada periode ini pula diciptakan
telepon dan kode Morse untuk digunakan dalam komunikasi jarak jauh secara
langsung. Kemudian diperkenalkan komputer pertama yang digunakan untuk
menyimpan program dan data pada awal 1948. Komputer tersebut adalah Dubbed
Manchester Mark 1. Komputer ini adalah awal penemuan teknologi selanjutnya yang
sekarang menjadi komputer, laptop, tablet dan smartphone.
Periode keempat: (Elektronik)
Jean
Hoerni mengembangkan transistor planar pada tahun 1957. Alat ini dapat
mengintegrasikan semua sirkuit yang diciptakan tahun-tahun selanjutnya. Pada
tahun 1960, Departemen Pertahanan Amerika Serikat mendirikan ARPANET (Advanced
Research Project Agency NETwork) yang mana ini adalah cikal bakal dari Internet
yang anda gunakan sekarang ini. Pada saat itu ARPANET hanya digunakan untuk
pemerintah, penelitian dan universitas. Peneliti dari MIT yang bernama
Licklider memperluas ARPANET ke jaringan komputer di seluruh dunia untuk
interaksi sosial. Ini terjadi pada tahun 1962. Pada tahun 1968, Andrew Grove,
Gordon Moore dan Robert Noyce telah menciptakan mikrochip pertama kalinya.
Mereka lalu menjual rancangan tersebut kepada intel untuk diproduksi secara
massal.
Setelah keempat era ini,
perkembangan teknologi berlangsung secara cepat. Ditemukannya sistem operasi
UNIX, komputer dari Apple, sistem operasi Windows, Linux, era dot com dan masih
penemuan terbaru lainnya.
TAHUKAH KALIAN SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER?
Perkembangan
Hardware
Komputer dari sejak awal dibuatnya, hingga kini banyak
mengalami perubahan dan penyempurnaan bentuk dan fungsinya. Pada tahun 1930,
lahirlah suatu konsep dari komputer-komputer seba guna yang menjadi awal dari
komputer modern saat ini. Ditambah lagi dengan perkembangan masyarakat yang
makin kompleks dan dengan kemajuan teknologi yang telah mendorong orang-orang
berbakat untuk berpikir secara pesat. Pada tahun 1937, Alan Turin seorang ahli
matematika bangsa Inggris membuat sebuah analisis teoritis dari kemungkinan
pengembangan komputer yang serba guna. Pelaksanaan gagasan tersebut dapat
segera terwujud, karena pada Perang Dunia II pihak militer sangat membutuhkan perhitungan-perhitungan
yang cepat, matang, dan akurat untuk kebutuhan perang, sehingga dari gagasan
tersebut perkembangan perangkat keras (hardware) mengalami perubahan bentuk dan
fungsinya, dan perangkat lunak (software) mengalami perkembangan penggunaannya
menjadi program yang mudah digunakan.
Kemajuan teknologi yang dibuat manusia telah
mengubah bentuk dan fungsi komputer tersebut dalam beberapa generasi, yaitu :
1.
Generasi Pertama (1946-1959)
Komputer generasi pertama dibuat masih
sangat sederhana dan belum kompleks penggunaannya, sehingga komputer generasi
pertama belum dapat memproses masalah-masalah yang besar. Komputer dalam
prosesnya serta pembuatnya masih menggunakan komponen yang besar-besar.
Adapun ciri-ciri komputer generasi pertama, antara lain :
a. Ukuran fisiknya besar.
b. Kecepatan proses lambat.
c. Cepat panas.
d. Membutuhkan listrik yang besar.
e. Menggunakan tabung hampa udara (Vaccum tube).
f. Memorinya menggunakan Magnetic Core Storage.
g. Masih menggunakan bahasa mesin (Machine Language).
h. Menggunakan konsep Stored Program.
Contoh komputer generasi pertama :
a) MARK I, MARK II,
IBM 702, IBM 704, IBM 709 (dibuat oleh
IBM/International Business Machine).
b) UNIVAC II (dibuat
oleh Sperry Rand).
c) ENIAC
(Electronic Numerical Integrator and Calculator), dibuat oleh DR. John W.
Mauchly pada tahun 1942. Komputer ini berukuran besar dan berat fisiknya
mencapai 30 ton.
d) SEC (Simple
Electronic Computer), dibuat oleh Electronic Computation Laboratory of Birkbeck
College pada tahun 1951.
e) Datamatic 1000
(dibuat oleh Honeywell).
f) NCR 102A, NCR
102D (dibuat oleh National Cash Register).
2.
Generasi Kedua (1959-1965)
Pembuatan komputer generasi kedua ini
merupakan pengembangan dari komputer generasi pertama yang dibuat untuk
menyempurnakan bentuk dari komponen dan penggunaan listrik yang lebih hemat.
Komputer generasi kedua mempunyaI ciri-ciri
sebagai berikut :
a. Komponen telah menggunakan transistor.
b. Ukuran fisiknya lebih kecil.
c. Kecepatan prosesnya lebih cepat.
d. Tidak cepat panas.
e. Membutuhkan listrik lebih sedikit.
f. Memori yang digunakan lebih besar.
g. Telah menggunakan bahasa tingkat tinggi (high
level language).
h. Sudah dapat digunakan untuk real time
(informasi yang dibutuhkan dapat dihasilkan dengan sekejap) dan time sharing
(komputer digunakan bersama-sama dan komputer dapat membagi waktu untuk
tiap-tiap pemakai).
Contoh komputer generasi kedua :
a) IBM
7070, IBM 7080, IBM 1400, IBM 1600 (dibuat oleh IBM/International Business
Machine).
b) Honeywell
400, Honeywell 800 (dibuat oleh Honeywell).
c) Burroughs
200 (dibuat oleh Burroughs).
d) GE
635, GE 645, GE 200 (dibuat oleh General Electric).
e) UNIVAC
III, UNIVAC SS80, UNIVAC SS90, UNIVAC 1107 (dibuat oleh Sperry Rand).
f) NCR
300 (dibuat oleh National Cash Register).
3.
Generasi Ketiga (1965-1970)
Komputer generasi ketiga dibuat dengan
menggabungkan beberapa komponen dalam satu tempat dan disempurnakan tampilan
dari komputer tersebut. Selain itu, komputer generasi ketiga telah dibuat
penyimpanan memorinya lebih besar dan diletakkan di luar (eksternal) penggunaan
listriknya lebih hemat dibandingkan komputer generasi kedua dan ukuran fisiknya
dibuat menjadi lebih kecil, agar dapat menghemat penggunaan ruang.
Komputer generasi ketiga mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
a. Komponen telah menggunakan IC (Integrated
Circuit) atau yang disebut "chip" dalam bentuk Hybrid Integrated
Circuits atau Solid Logic Technology (SLT), yaitu transistor dan dioda
diletakkan secara terpisah dalam satu tempat.
b. Kecepatan prosesnya lebih cepat.
c. Membutuhkan listrik lebih hemat.
d. Memorinya yang digunakan lebih besar, dapat
menyimpan sampai ratusan ribu karakter.
e. Telah menggunakan penyimpanan luar yang
bersifat random access, yaitu magnetik disk yang berkapasitas besar.
f. Dapat digunakan untuk multi processing dan
multi programming.
g. Telah dibuatnya alat input-output dengan
menggunakan visual display terminal yang dapat menampilkan grafik, dapat
menerima dan mengeluarkan suara, dan telah digunakannya alat pembaca tinta
magnetik MICR (Magnetic Ink Character Reader).
Contoh komputer generasi ketiga :
a) GE
600, GE 235 (dibuat oleh General Electric).
b) Burroughs
5700, Burroughs 6700, Burroughs 7700 (dibuat oleh Burroughs).
c) UNIVAC
1108, UNIVAC 9000 (dibuat oleh Sperry Rand).
4.
Generasi Keempat (1970-1995)
Komputer generasi keempat merupakan
pengembangan dari komputer generasi ketiga. Komputer ini dibuat dengan
menggabungkan beberapa IC yang dipadatkan, yang dalam komputer generasi ketiga
belum dapat digabungkan.
Komputer generasi keempat mempunyai ciri-ciri
sebagai berikut :
a. Telah menggunakan LSI (Large Scale
Integration), yaitu penggabungan beribu-ribu IC yang dipadatkan dalam 1 buah
chip.
b. LSI dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale
Integration) yang dapat memuat 150.000 transistor yang dipadatkan.
c. Chip yang digunakan telah berbentuk segi empat
yang membuat rangkaian-rangkaian terpadu.
Contoh komputer generasi keempat :
- IBM 370 (dibuat oleh IBM/International Business
Machine).
- APPLE II (dibuat oleh Apple).
Untuk komputer generasi yang akan datang, banyak menggunakan
sensor-sensor untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan kita, dan komputer
yang akan datang dibuat untuk mempermudah interaksi antara manusia dengan
komputer secara langsung yang seakan-akan manusia tersebut berada dalam
komputer. Ini dapat terwujud dengan adanya materi kecerdasan buatan (Artificial
Intelligent), yaitu suatu peralatan yang dibuat untuk dapat bekerja seperti
manusia, sehingga manusia bukan lagi sebagai obyek diluar komputer, melainkan
manusia akan dilibatkan langsung sebagai objek di dalam komputer. Hal ini dapat
anda lihat dengan dibuatnya sebuah alat untuk simulasi komputer, dimana manusia
dengan menggunakan helm khusus agar tampak seperti di dalam komputer. Selain
itu, kini telah dibuat robot-robot pengganti tenaga manusia. Pada robot
tersebut dibuatkan sensor-sensor pendeteksi rangsangan dari luar dan akan
langsung meresponnya seperti layaknya manusia.
Perkembangan Software
Dibagi
dalam beberapa era yaitu Era Pioneer, Stabil, Mikro, dan Modern. Berikut adalah
Sejarah Perkembangan Software Komputer :
1. Era Pioneer.
Pada
Era Pioneer ini bentuk software komputer pada awalnya adalah
sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, Cara dalam mengakses
komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi.
Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program
digunakan untuk sebuah mesin tertentu dan untuk tujuan tertentu.
2. Era Stabil.
Pada
Era Stabil ini baris-baris perintah software komputer yang dijalankan oleh
komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah banyak proses yang di lakukan secara
bersamaan (multi tasking). Software Komputer pada era ini juga mampu
menyelesaikan banyak pengguna (multi user) dan secara cepat/langsung (real
time). Di era ini jugalah mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan
antara program dan data .
3. Era Mikro.
Pada
Era Mikro ini software komputer dapat dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu
Software Sistem (Windows, Linux, Machintos, dll), Software Aplikasi
(Ms.Office,OpenOffice, dll) dan Languange Software/Bahasa Pemograman (Assembler,
Visual Basic, Delphi, dll)
4. Era Modern.
Pada
Era Modern ini software komputer tidak hanya untuk sebuah komputertetapi sebuah
handphone pun telah di lengkapi dengan sebuah software sistem seperti Android,
Symbian, dll. Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh software komputer pun
semakin meningkat, selain permasalahan teknis, software komputer sekarang juga
mulai bisa mengenal suara dan gambar.
Jika
kita amati sekarang ini gerakan Open Source sudah mulai merambah di Indonesia
yang identik dengan Sistem Operasi Linux. Open Source yang akrab terdengar di
telinga orang-orang TI dapat dikatakan sebagai source code yang terbuka bagi
siapa saja yang ingin mempelajari maupun ikut mengembangkan. Source Code ini
disertakan dengan distribusi paket software yang sudah jadi (hasil kompilasi)
sehingga pembeli ataupun pengguna software dapat membedah software tersebut
sesuai dengan keperluanya. Bahkan dapat ikut memperbaiki Bug atau kesalahan
logika dalam software tersebut.
Salah
satu Open Source yang sangat terkenal yaitu sistem operasi linux, setiap
distribusinya vendor selalu menyertai source kode linux.Satu hal yang perlu
ditekankan bahwa software open source tidak selalu gratis tetapi ada biaya yang
dikeluarkan untuk membeli software tersebut.Sebagai contoh Sistem Operasi
RedHat Linux yang dapat dibeli dengan harga yang murah. Lalu apa bedanya Sistem
Operasi Open Source dengan Sistem Operasi Close Source seperti yang dipunyai
pak Bill Gates?
Pada
software yang Close Source, paket software tidak dapat didistribusikan lagi
selain oleh pembuat/vendor software tersebut.Sedangkan software yang Open
Source dapat didistribusikan secara bebas oleh siapapun. Tujuan Open Source ini
sebenarnya ingin menghilangkan ketergantungan vendor software, dimana vendor
dapat bertindak seenaknya bisa saja vendor menyisipkan kode-kode yang dapat
membahayakan software aplikasi lain termasuk juga menaikkan harga lisensi.
Dalam
banyak kasus, bila terjadi Bug dalam software yang Close Source pengguna sangat
tergantung kepada vendor yang harus menunggu update untuk memperbaikinya.
Seringkali vendor kurang cepat merespons perkembangan terkini dan permintaan
pengguna.
Bagaimana
dengan Open Source?Ya, Open Source adalah salah satu solusi yang menjanjikan
saat ini bagi suatu perusahaan.Perusahaan dapat membelinya dengan biaya yang
jauh lebih murah dan perbaikan maupun keperluan software tersebut dapat
dilakukan oleh staf TI perusahaan itu sendiri. Sehingga apa yang terjadi?
Dengan software yang open source dapat mendorong semangat tenaga-tenaga TI
untuk mempelajari source code tersebut, dapat menganalisa dimana kelemahan
software, apa sesungguhnya proses yang berlangsung dalam kerja software, dan
sekaligus mencari solusi terhadap kelemahan software yang ditemui. Atau yang
lebih ekstrim adalah memodifikasi software sedemikian rupa agar lebih ergonomis
pas digunakan sesuai dengan keperluan.
Apa
hubungannya dengan perkembangan software di Indonesia? Kita lihat India, ekspor
software dan ekspor tenaga TI sangat mendominasi negara ini.Saat ini India
telah menduduki urutan kedua setelah US dalam ekspor
software.Perusahaan-perusahaan software di India tumbuh dengan subur karena produk/software
lokal mereka mendapat tempat di pasar dalam negeri. Secara otomatis jika
software lokal diterima oleh pasar dalam negeri maka pemerintah dapat
mengurangi penggunaan devisa negara dan mengurangi tingkat ketergantungan impor
teknologi atau software dan tenaga ahli, meningkatkan kapasitas tenaga TI dalam
negeri, dan membuka kesempatan kepada industri pengembang software lokal.
Sehingga dengan adanya peningkatan kapasitas tenaga TI dan kualitas produksi
software maka negara ini mampu melempar keluar hasil produksi dan tenaga TI-nya
ke pasar luar negeri.Mungkinkah hal ini terjadi di Indonesia?
Open
Source secara tidak langsung mendorongan tenaga TI tidak hanya menjadi End User
yang hanya mampu memanfaatkan hasil kerja orang lain. Dengan demikian jika
tenaga TI negeri kita hanya berlaku sebagai End User maka bidang TI negara kita
akan tertinggal dengan negara-negara lain. Maka dengan adanya Open Source dapat
dipelajari source code software dan dapat menganalisa teknik yang digunakan
dalam pembuatan software tersebut yang nantinya pengetahuan tersebut dapat
dimanfaatkan untuk merancang aplikasi yang berguna.
Perkembangan Software saat
ini
Komputer
membutuhkan data atau fakta, dimana data ini pada saat diinput akan
diterjemahkan menjadi bilangan biner. Saat ini, tingkat pemrosesan yang
dikerjakan perangkat lunak bersifat machine-like (keinginan mesin) mulai
berubah dengan sifat human-like (keinginan manusia).
Kemampuan
komputer dirasakan sangat berkaitan dengan perangkat keras dan perangkat
lunaknya, maka dari itu diperlukan perangkat lunak yang benar-benar mendukung
perangkat kerasnya.Bentuk paling sederhana dari perangkat lunak, menggunakan
aljabar Boolean, yang di representasikan sebagai binary digit (bit), yaitu 1
(benar) atau 0 (salah), cara ini sudah pasti sangat menyulitkan, sehingga orang
mulai mengelompokkan bit tersebut menjadi nible (4 bit), byte (8 bit), word (16
bit), double word (32 bit).
Kelompok-kelompok
bit ini di susun ke dalam struktur instruksi seperti penyimpanan, transfer,
operasi aritmatika, operasi logika, dan bentuk bit ini di ubah menjadi
kode-kode yang di kenal sebagai assembler. Kode-kode mesin sendiri masih cukup
menyulitkan karena tuntutan untuk dapat menghapal kode tersebut dan format
(aturan) penulisannya yang cukup membingungkan, dari masalah ini kemudian lahir
bahasa pemrograman tingkat tinggi yang seperti bahasa manusia (bahasa Inggris).
Saat ini pembuatan perangkat lunak sudah menjadi suatu proses produksi yang
sangat kompleks, dengan urutan proses yang panjang dengan melibatkan puluhan
bahkan ratusan orang dalam pembuatannya.
Klasifikasi Software
Perangkat
lunak secara umum dapat di bagi 2 yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat
lunak aplikasi. Perangkat lunak sistem dapat di bagi lagi menjadi 3 macam yaitu
:
1.
Bahasa pemrograman
Merupakan perangkat lunak yang bertugas
mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam
format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya
: BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN
2.
Sistem Operasi
Saat komputer pertama kali di hidupkan,
sistem operasilah yang pertama kali di jalankan, sistem operasi yang mengatur
seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen
penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh
sistem operasi : DOS, Unix, Windows 95, IMB OS/2, Apple’s System 7
3.
Utility
Sistem operasi merupakan perangkat lunak
sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware
troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur
ulang isi harddisk (partisi, defrag), contoh Utilty adalah Norton Utility
Perangkat lunak aplikasi merupakan bagian
perangkat lunak yang sangat banyak di jumpai dan terus berkembang. Sebelum
tahun 1990-an aplikasi yang di kenal yaitu pemroses kata (Word Star, Chi
Write), pemroses tabel (Lotus 123, Quatro Pro), database (DBASE), dan hiburan
(game). Pada perkembangan pemroses kata, tabel dan database saat ini telah di
bundel menjadi aplikasi office dengan tambahan aplikasi untuk pembuatan
presentasi yang nanti akan di berikan pada pelatihan ini. Contoh aplikasi
office adalah Microsoft Office yang terdiri dari Word(pemroses kata), Excel
(pemroses tabel), Access (database), dan PowerPoint (presentasi). Yang berkembang
sangat banyak saat ini adalah aplikasi multimedia dan internet. Contoh aplikasi
multimedia adalah Winamp untuk memutar musik berformat MP3 atau CD Audio,
kemudian RealPlayer yang dapat digunakan untuk menonton film atau VCD. Aplikasi
internet yang umum di gunakan adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan
messenger.
Aplikasi yang bersifat khusus di antaranya
untuk membantu pekerjaan Engineer seperti AutoCAD (gambar struktur), Protel
(gambar rangkaian elektronik), dan Matlab (pemproses dan visualisasi persamaan
matematis).
PROFESI SISTEM INFORMASI
Ø Programmer adalah orang yang menulis kode/koder baik yang menguasai satu atau
beberapa bidang program dan melakukan pekerjaannya dalam mengembangkan suatu
website atau aplikasi internet berbasis web.
Ø Enterpreneur in IT Business adalah profesi sebagai wirausahawan yang
bergerak di bidang bisnis teknik informasi/informatika.
Ø System Analis adalah seseorang yang bertanggung jawab atas
penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan
perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi
bisnis atau perusahaan.
Ø Auditor Sistem Informasi adalah roses pengumpulan dan penilaian bukti
– bukti untuk menentukan apakah sistem komputer dapat mengamankan aset,
memelihara integritas data, dapat mendorong pencapaian tujuan organisasi secara
efektif dan menggunakan sumberdaya secara efisien.
Ø Web Developer adalah seseorang yang menciptakan aplikasi
berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman
Ø IS Project Manager adalah profesi yang bertanggung jawab untuk
memberikan laporan mengenai rencana dan program ada kepada user, manajer
tingkat atas dan kepada siapa saja yang memerlukan.
Ø Web Designer adalah seseorang yang bekerja dengan
unsur-unsur visual pada suatu halaman web. Dia adalah orang yang membuat wajah
halaman web tampak begitu “cantik”.
Ø Webmaster merupakan gabungan dari keduanya, bahkan webmaster juga bertugas untuk
memelihara aplikasi web yang digunakan. Sebagai catatan tambahan, webmaster
mungkin juga bertanggung jawab untuk optimisasi mesin pencari ( SEO ), mengisi
content pada website, hingga ‘memasarkan’ website tersebut.
Ø Business Process Analyst adalah profesi yang bertanggung jawab dalam
memahami kebutuhan bisnis dari organisasi dan menterjemahkannya dalam
spesifikasi solusi.
Ø Database Administrator adalah profesi yang bertanggung jawab dalam
pengelolaan database yang dimiliki oleh organisasi, mulai dari pada saat proses
implementasi database, monitoring kinerja database sampai dengan proses backup
dan recovery apabila system mengalami gangguan.
Ø Database Analyst adalah
profesi yang bertanggung jawab dalam melakukan perancangan database.
Profesi ini berfungsi untuk menjamin bahwa rancangan database yang dibuat sudah
memenuhi dan sesuai dengan kebutuhan organisasi. Selain itu, mereka juga
bertanggung jawab dalam memberikan solusi-solusi terkait dengan pemilihan
produk database yang sesuai dengan organisasi, termasuk bagaimana melakukan
optimasi dalam pencarian informasi.
Ø E-Business Analyst adalah profesi yang bertanggung jawab dalam
menganalisa dan merancang proses bisnis organisasi secara elektronis dalam
rangka peningkatan kualitas layanan dan peningkatan efisiensi.
Ø ERP Specialist adalah profesi yang bertanggung jawab dalam
penyesuaian paket software ERP terhadap proses bisnis organisasi.
Ø IS/IT Auditor adalah profesi yang bertanggung jawab dalam
melakukan audit terhadap proses teknologi informasi dan sistem informasi
organisasi.
Ø IT Architect adalah profesi yang bertanggung jawab dalam
merancang arsitektur teknologi informasi organisasi.
Ø IT Asset Officer adalah profesi yang bertanggung jawab dalam
pengelolaan aset teknologi informasi.
Ø IT Consultant adalah profesi yang bertanggung jawab dalam
memberikan konsultasi kepada organisasi terkait solusi-solusi TI.
Ø T Operation Officer adalah pProfesi ini bertanggung jawab dalam
memastikan operasi-operasi teknologi informasi berjalan tanpa adanya hambatan.
Profesi ini bertanggung jawab dalam mengelola keamanan dan resiko teknologi
informasi.
Ø Network Administrator adalah profesi ini bertanggung jawab dalam
pengelolaan jaringan teknologi informasi organisasi, termasuk LAN dan WAN.
Network administrator yang bertugas untuk memastikan bahwa jaringan berjalan
dengan baik, melakukan pengamanan jaringan, melakukan trouble shooting bila ada
kerusakan, dan melakukan monitoring terhadap kinerja dari jaringan dalam
memenuhi Service Level Agreement yang sudah ditetapkan.
Ø Project Leader adalah
profesi yang bertanggung jawab dalam memimpin pengelolaan proyek
teknologi informasi.
Ø Web Content Specialist adalah profesi yang bertanggung jawab dalam
mengembangkan dan mengelola isi dari sebuah web.
DAFTAR PUSTAKA
No comments :
Post a Comment